backgroud
logo

Inspirasi

 

PPDB 2019, Konsultasi-Koordinasi Jenjang SMA Sederajat ke Disdik Jabar

PPDB 2019, Konsultasi-Koordinasi Jenjang SMA Sederajat ke Disdik Jabar

 
PPDB 2019, Konsultasi-Koordinasi Jenjang SMA Sederajat ke Disdik Jabar
PPDB 2019, Konsultasi-Koordinasi Jenjang SMA Sederajat ke Disdik Jabar. (WJtoday/Yoga Enggar)
WJtoday
Rabu, 15 Mei 2019 | 23:10 WIB
WJtoday, Bandung - Penerimaan  Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 sudah di depan mata. Namun sejumlah warga masih keliru soal PPDB tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Perlu diketahui, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, tanggung jawab pendidikan setingkat TK (Taman Kanak-kanak), SD (Sekolah Dasar), dan SMP (Sekolah Menengah Pertama) berada di bawah naungan pemerintah kota/kabupaten. Sedangkan pemerintah provinsi bertanggung jawab atas pendidikan tingkat SMA/SMK, dan pemerintah pusat bertanggung jawab atas pendidikan tinggi.

Oleh karena itu, warga Kota Bandung yang ingin berkonsultasi maupun koordinasi terkait PPDB setingkat TK, SD, dan SMP, dipersilakan untuk menghubungi Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung melalui sekolah. Sedangkan untuk setingkat SMA, meskipun sekolahnya terletak di Kota Bandung, namun konsultasi dan koordinasi hanya bisa disampaikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melalui sekolah.

Tim Perumus Perwal PPDB Kota Bandung, Edy Suparjoto mengungkapkan, selama ini masih banyak orang tua yang hendak menyekolahkan anaknya ke SMA namun menyampaikan keluhan maupun aduan ke Disdik Kota Bandung. Jika hal itu terjadi, pihaknya akan langsung mengarahkan orang tua untuk melapor ke Disdik Provinsi Jawa Barat.

“Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat juga menyediakan help desk atau layanan pengaduan. Pengaduan itu bisa melalui sekolah atau kanal-kanal yang disediakan,” ungkap Edy.

Lebih lanjut Edy menjelaskan, pengaduan PPDB 2019 tingkat SMA dapat disampaikan kepada Panitia Penyelenggara PPDB 2019 melalui sekolah, Kantor Cabang DInas (KCD), atau Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. 

Selain itu, warga atau orang tua bisa menghubungi kanal resmi, seperti website ppdb.disdik.jabarprov.go.id; surat elektronik (surel) ppdb@disdik.jabarprov.go.id; Facebook Disdik Jabar; Twitter @disdik_jabar; dan Instagram @disdikjabar.

Sementara itu, khusus untuk pengaduan dan permintaan informasi PPDB tingkat TK, SD, dan SMP, Disdik Kota Bandung juga menyediakan layanan informasi dan pengaduan.

Untuk layanan informasi, warga bisa mencari informasi yang diperlukan di website disdik.bandung.go.id/ppdb2019 atau mengajukan pertanyaan melalui Instagram @disdikbdg. Warga juga bisa melakukan konsultasi tatap muka melalui layanan helpdesk di setiap sekolah.

“Kalau pengaduan beda lagi. Itu langsung saja melalui lapor.go.id atau sms ke 1708. Nanti pasti akan kami tindaklanjuti,” jelasnya. ***

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya