backgroud
logo

Bisnis

 

Usaha di Jalur Pantura Indramayu Mulai Bergairah Kembali

Usaha di Jalur Pantura Indramayu Mulai Bergairah Kembali

 
Usaha di Jalur Pantura Indramayu Mulai Bergairah Kembali
ilustrasi. (WJtoday/Yoga Enggar)
WJtoday
Minggu, 19 Mei 2019 | 22:27 WIB
WJtoday, Indramayu - Pengusaha sekitar jalur pantura Indramayu, Jawa Barat, baik rumah makan, SPBU, bengkel dan lainnya mulai bergairah kembali setelah sempat terpuruk beberapa tahun lalu, seiring diresmikannya jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Saat ini lumayan sudah ada geliat lagi di jalur pantura Indramayu," kata seorang pedagang warung makan, Kokoy, di Indramayu, Minggu (19/5/2019).

Menurut Kokoy, setahun terakhir ini jalur pantura Indramayu sudah mulai ramai, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang sempat lumpuh akibat dibukanya jalan tol Cipali.

Kokoy mengatakan pada saat pantura Indramayu menjadi jalur utama, dirinya membuka bengkel mobil yang waktu itu tergolong sukses, karena memang banyak mobil yang berlalu lalang.

"Tapi setelah tol Cipali dibuka, pendapatannya terjun bebas dan sampai tidak bisa lagi menutupi pengeluaran, karena tidak ada pemasukan sama sekali," ujarnya.

Nasib itu tidak hanya menimpa dirinya, bahkan hampir semua pengusaha, baik rumah makan, bengkel dan SPBU juga sangat sepi.

"Banyak yang gulung tikar, karena jalur pantura sangat sepi dan tidak ada lalu lalang kendaraan," tuturnya.

Namun kini kata Kokoy, dirinya sudah mulai kembali mencoba mengadu nasib di rumah sendiri dengan membuka rumah makan di bangunan yang dahulunya merupakan bengkel mobil.

Hal senada juga dikatakan Koswara, pedagang oleh-oleh khas Indramayu, di mana dirinya yang sempat berjaya juga terpuruk karena dibukanya jalan tol.

Dia berharap pada saat Lebaran nanti jalan pantura Indramayu kembali dipadati oleh para pemudik dan menjadi berkah tersendiri bagi dirinya.

"Harapannya jalur ini kembali ramai meski tidak mungkin bisa seperti dahulu, yang terpenting perekonomian kami bisa pulih," pungkasnya. ***

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya