backgroud
logo

Bisnis

 

Ombudsman Jabar Waspadai Kenaikan Harga Sepekan Jelang Lebaran

Ombudsman Jabar Waspadai Kenaikan Harga Sepekan Jelang Lebaran

 
Ombudsman Jabar Waspadai Kenaikan Harga Sepekan Jelang Lebaran
Ombudsman Jabar Waspadai Kenaikan Harga Sepekan Jelang Lebaran. (WJtoday/Yoga Enggar)
WJtoday
Minggu, 19 Mei 2019 | 23:07 WIB
WJtoday, Bandung - Ombudsman Perwakilan Provinsi Jawa Barat mengapresiasi stabilitas harga dan ketersediaan pasokan kebutuhan pokok masyarakat di Kota Bandung. Namun demikian, pemerintah diminta mengantisipasi lonjakan harga yang biasanya terjadi satu pekan jelang Lebaran. 

Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Barat Haneda Sri Lastoto mengingatkan pemerintah agar mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok satu pekan jelang Lebaran. Biasanya, harga kebutuhan pokok masyarakat mengalami kenaikan. Terutama barang seperti daging, ayam, kentang, dan lainnya. 

Kendati demikian, pihaknya mengapresiasi harga sembako yang saat ini cenderung stabil. Hasil pantauan harga di Pasar Ciroyom dan Cihapit di Kota Bandung pada akhir pekan kemarin, menunjukkan harga stabil dan pasokan aman. 

“Berdasarkan hasil inspeksi kami di Pasar Ciroyom dan Cihapit Kota Bandung, menunjukan ketersediaan bahan pokok menjelang minggu kedua bulan Ramadhan terpantau tersedia dan mudah,” kata dia. 

Haneda menyebut, berdasarkan hasil inspeksi, rata-rata ketersediaan dari bahan pokok tersebut cenderung tidak langka pada minggu ini. Sementara itu, bawang putih sempat kosong dan naik cukup tinggi minggu lalu, namun saat ini sudah kembali normal. Bahkan, harga-harga bahan pokok yang disurvei pada minggu ini cenderung ada penurunan dari minggu lalu termasuk bawang putih dan ayam. 

Sedangkan, suplai stok bahan pokok berdasarkan hasil wawancara dengan pedagang, kata dia, masih lancar dan tersedia pada minggu kedua bulan Ramadan. Permintaan terhadap daging cenderung bertambah pada bulan Ramadan, sedangkan bahan pokok cenderung menurun pada minggu kedua bulan Ramadan. ***

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya