backgroud
logo

Bisnis

 

Kali Pertama, Pemdaprov Jabar Gelar Mudik Gratis via Kereta Api

Kali Pertama, Pemdaprov Jabar Gelar Mudik Gratis via Kereta Api

 
Kali Pertama,  Pemdaprov Jabar Gelar Mudik Gratis via Kereta Api
Kali Pertama, Pemdaprov Jabar Gelar Mudik Gratis via Kereta Api, Minggu 3/6/2019. (humas.jabarprov.go.id)
WJtoday
Selasa, 4 Juni 2019 | 20:52 WIB
WJtoday, Bandung - Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat via Dinas Perhubungan serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, menggelar mudik gratis menggunakan kereta api untuk kali pertama.

Sekretaris Daerah Iwa Karniwa melepas 300 pemudik asal Jawa Timur menggunakan 4 gerbong kereta Mutiara Selatan jurusan Bandung –Yogyakarta–Surabay–Malang di Stasiun Bandung, Minggu.

“Ini program pertama yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, di mana biasanya mudik pakai bus. Nah, mulai tahun ini pemberangkatan bukan hanya melalui bus, sekarang ada 4 gerbong untuk memberangkatkan sekitar 300 pemudik,” ucap Iwa Karniwa.

Sebelum melepas keberangkatan, Iwa Karniwa menemui para pemudik yang sudah berada di dalam gerbong kereta sekaligus menampung aspirasi pemudik yang berharap mudik gratis via kereta api tetap digelar pada tahun selanjutnya.

Menanggapi aspirasi tersebut, Iwa Karniwa menyatakan bahwa Pemdaprov Jawa Barat akan mengupayakan tambahan kuota hingga dua kali lipat. 

“(Tahun depan) Insya Allah akan kita tambah, harapan kita bisa dua kali lipat,” katanya.


Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara simbolis melepas para pemudik menggunakan 35 bus di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro No 22, Kota Bandung, Sabtu (1/6/19) dalam sebuah acara bertajuk Salembur atau Sasarengan Mudik ke Lembur.

Program gratis ini merupakan komitmen Pemdaprov Jawa Barat menyukseskan mudik Lebaran 2019. Kementerian Perhubungan memprediksi pemudik yang lewat Jabar sebanyak 14,9 juta orang, di antaranya berasal dari Bandung 2,7 juta dan Jabodetabek 3,7 juta. Mayoritas pemudik bergerak ke arah timur melalui jalur pantura, sebagian lagi jalur tengah, dan sisanya selatan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Heri Antasari menjelaskan, program mudik gratis ini selain didanai dari APBD Provinsi juga dari dana corporate social responsibility (CSR) berbagai BUMN yang berbasis di Jabar.

Masing-masing 90 unit bus dari Pemdaprov Jawa Barat, 10 bus PT Telkom dan 10 bus PT Jasa Marga. Ditambah dari program berbagai daerah yang diintegrasikan, total ada 357 bus mudik gratis di Jabar. Selain bus, Pemdaprov Jabar juga menyediakan 300 kursi kereta api gratis. Sehingga total ada 12.483 kursi gratis yang dipakai mudik. ***

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya