backgroud
logo

Sport

 

Portugal Juara UEFA Nations League Usai Menang Atas Belanda 1-0

Portugal Juara UEFA Nations League Usai Menang Atas Belanda 1-0

 
Portugal Juara UEFA Nations League Usai Menang Atas Belanda 1-0
Portugal Juara UEFA Nations League Usai Menang Atas Belanda 1-0, Senin 10/6/2019. (Reuters)
WJtoday
Senin, 10 Juni 2019 | 11:55 WIB
WJtoday, Bandung - Timnas Portugal juara UEFA Nations League edisi pertama usai menang tipis 1-0 atas Belanda di Stadion Dragao, Porto, Senin (10/6/2019) dini hari WIB.

Di babak pertama kedua tim bermain imbang 0-0. Portugal memiliki banyak peluang untuk unggul lebih dahulu di 45 menit pertama, tetapi tidak ada bola yang bersarang di gawang Jasper Cillessen.

Belanda mengambil inisiatif serangan di awal babak kedua melalui Georginio Wijnaldum. Tetapi lini belakang Portugal masih solid mematahkan serangan tersebut.

Di 10 menit pertama babak kedua Tim Oranye tampak lebih agresif dalam menyerang. Namun serangan tersebut tidak cukup membahayakan bagi Portugal.


Gol yang ditunggu-tunggu dalam laga tersebut tercipta di menit ke-60 lewat kaki Goncalo Guedes yang membuat Portugal unggul lebih dahulu.

Keunggulan Selecao das Quinas itu tercipta setelah sepakan keras kaki kanan Guedes dari luar kotak penalti ke arah kiri gawang tidak bisa dijangkau Jasper Cillessen. Guedes mencetak gol memanfaatkan assist Bernardo Silva.

Enam menit setelah gol Portugal, Belanda mencoba menyamakan kedudukan lewat upaya Memphis Depay di menit ke-66. Tetapi sundulan pemain Olympique Lyon itu bisa diselamatkan kiper Rui Patricio.

Di menit ke-83 pemain pengganti Donny van de Beek memberikan ancaman untuk pertahanan Portugal. Sayangnya Rui Patricio berada di posisi yang tepat untuk menggagalkan upaya dari Van de Beek.

Menjelang laga berakhir Portugal bertekad menambah jumlah gol lewat tendangan bebas Cristiano Ronaldo di menit ke-89. Namun sepakan CR7 masih melebar. Tanpa ada tambahan gol lagi di sisa laga, pertandingan berakhir dengan skor 1-0 untuk Portugal.

Pelatih timnas Portugal Fernando Santos menilai kemenangan timnya di final UEFA Nations League karena sukses mematikan pergerakan Frenkie de Jong. Usai pertandingan Fernando Santos mengungkapkan faktor kunci kemenangan timnya atas Belanda di UEFA Nations League edisi pertama ini.


Bagi Santos, mematikan pergerakan gelandang muda Frenkie de Jong adalah aspek utama keberhasilan timnya juara UEFA Nations League.

De Jong dianggap sebagai salah satu pemain yang memegang kontrol pemainan Tim Oranye. Karena itu, pergerakan gelandang yang musim depan bermain di Barcelona itu perlu dibatasi.

"Kami menyadari kualitas gelandang tim Belanda dan De Jong, seorang kreator hebat dengan potensi besar," ucap Santos dikutip dari Sportskeeda.

"Kami tahu bahwa jika kami membatasi kebebasannya, kami akan unggul. Instruksi kepada pemain saya adalah memainkan bola dan menyeimbangkan pertahanan kami dengan mengawasi pergerakan De Jong dan [Virgil] van Dijk," Santos menambahkan.

Trofi UEFA Nations League adalah yang kedua bagi Fernando Santos setelah Piala Eropa 2016. Santos yakin edisi pertama ini akan menjadi pertandingan klasik.

"Seluruh keluarga sepak bola Eropa tampil di sini, dan memenangi edisi pertama adalah kegembiraan. Ini akan ada dalam sejarah," kata Santos. 

Susunan Pemain

Portugal: 
Rui Patricio; Nelson Semedo, Ruben Dias, Jose Fonte, Raphael Guerreiro; Danilo Pereira, William Carvalho, Bruno Fernandes; Bernardo Silva, Goncalo Guedes, Cristiano Ronaldo.
Belanda: 
Jasper Cillessen; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind; Marten de Roon, Frenkie de Jong, Georginio Wijnaldum; Steven Bergwijn, Memphis Depay, Ryan Babel. ***

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya