backgroud
logo

Persib

 

Blitar United Ganti Nama jadi Persib B Berkompetisi di Liga 2

Blitar United Ganti Nama jadi Persib B Berkompetisi di Liga 2

 
Blitar United Ganti Nama jadi Persib B Berkompetisi di Liga 2
Liestiadi saat memimpin latihan Maung Ngora yang jadi cikal bakal tim Persib B. (pikiran-rakyat.com_
WJtoday
Selasa, 11 Juni 2019 | 06:16 WIB
WJtoday, Bandung - PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) membenarkan kabar yang menyebutkan manajemen telah membeli tim Blitar United yang akan berlaga di Liga 2 2019.

Tim yang berganti nama menjadmi Persib Bandung B ini akan bermarkas di Bandung dan menjadi tim satelit Persib pada musim 2019 ini. 

Direktur PT PBB Teddy Tjahyono mengungkapkan, manajemen saat ini masih memproses peralitan tim tersebut dan diharapkan sebelum kick-off bergulir pada 23 Juni mendatang, semua administrasi sudah rampung.  

"Memang benar Blitar United akan kami beli dan berganti nama jadi Persib B, jadi bukan Bandung B seperti yang dikatakan (Pelatih Persib) Robert Alberts. Tapi masih dalam proses, tinggal administrasi saja," kata Teddy, Senin (10/6/2019). 

Menjelang bergulirnya Liga 2 2019, Tim Persib B sendiri sudah mulai menggelar persiapan dengan melakukan seleksi pemain yang dipimpin Pelatih Liestiadi. Penunjukan Liestiadi. Penunjukkan Liestiadi sendiri merupakan rekomendasi Robert Alberts. 

"Pelatihnya Liestiadi. Itu atas rekomendasi dari Robert Alberts. Untuk asistennya nanti biar pelatih yang memilih, kemungkinan besar asisten pelatihnya para legenda Persib," jelasnya. 

Teddy menuturkan, salah satu pemain Persib yang akan direkomendasikan gabung Persib B yakni Fabiano Betrame. Fabiano sengaja disiapkan ke Persib B, sambil menunggu proses naturalisasinya menjadi warga negara Indonesia (WNI) rampung. 

"Mudah-mudahan sebelum kick-off Liga 2 sudah beres naturalisasinya, jadi Putaran 2 nanti Fabiano sudah bisa memperkuat di Liga 1," ungkapnya. 

Ada juga nama pemain senior mantan penggawa Maung Bandung, Tantan. Selain itu, Persib B akan diisi pemain jebolan Maung Anom dan Persib U-20. Namun mereka, akan mengikuti tahapan seleksi lebih dulu sebelum memperkuat Persib B. 
 
"Tapi mereka tetap harus menjalani proses seleksi. Jadi biar pelatih yang menentukan siapa saja pemain-pemain di Persib B ini," pungkasnya. 

Sebelumnya, PT LIB memutuskan bahwa klub Blitar United FC yang sebelumnya berada di Grup Timur Liga 2 2019, berpindah ke Grup Barat dan memiliki homebase di Jawa Barat. Hsl tersebut termaktub dalam Surat No 76/LB/VI/2019 yang ditandatangani Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Dirk Soplanit tertanggal 4 Juni 2019. Surat tersebut merupakan tindak lanjut Surat PSSI No 1815/UDN/401/VI-2019. 

Liestiadi yang didapuk menjadi Pelatih Persib B saat memimpin latihan sekaligus seleksi pemain yang akan berlaga di Liga 2 2019, (foto; simamaung.com)

Klub Pertama Miliki Tim Satelit
Persib sendiri menjadi tim pertama di Indonesia yang memiliki tim satelit yang berlaga di kasta berbeda. Persib berlaga di kompetisi Liga 1, sedangkan Persib B di Liga 2. Hal tersebut layaknya tim-tim Eropa yang memiliki 2 tim yang berkompetisi di 2 level berbeda. 

Pelatih Robert Rene Alberts menyebutkan, adanya tim satelit tersebut merupakan hal positif dan bagus bagi perkembangan sepak bola Indonesia. Nantinya klub-klub lain di Indonesia bisa mengikuti langkah Persib dalam membangun tim satelit.

“Persib adalah klub pertama yang punya tim kedua, jadi klub lain bisa mulai mengikuti,” ujar Robert seusai memimpin latihan di Lapangan Inspire Arena, Jalan Sersan Bajuri, Kabupaten Bandung Barat, Senin (10/6/2019).

Pelatih berpaspor Belanda tersebut menilai bahwa klub sepak bola yang memiliki tim kedua merupakan hal yang normal. Klub-klub kelas dunia juga memiliki tim kedua, seperti Real Madrid dengan Real Madrid Castilla, Barcelona dengan Barcelona B, dam Ajax Amsterdam yang memiliki Jong Ajax. Hal tersebut bisa menjadi contoh nyata bahwa tim cadangan di sepak bola adalah hal yang lumrah. Menurut Robert Alberts, klub yang memiliki tim kedua bisa mempunyai berbagai keuntungan. Salah satunya menjadi wadah bagi para pemain-pemain muda bertalenta untuk bisa terus mengembangkan diri dan siap menghadapi kompetisi di tim utama.

Tempat Unjuk Gigi Telenta Muda
Robert juga memastikan sejumlah pemain yang sulit mendapatkan menit bermain di tim senior akan dipinjamkan ke Persib B. Setidaknya ada 10 pemain muda yang akan dipinjamkan ke Persib B. Mereka akan diberi kesempatan untuk unjuk gigi menampilkan permainan terbaiknya di Liga 2.

Menurut Robert, opsi loan-out itu adalah untuk menyelamatkan potensi pemain muda yang dimiliki Persib saat ini. Karena persaingan untuk menembus skuat utama sangat sulit, selain untuk menambah menit bermain bagi penggawa muda.

"Tentu development (pengembangan). Pemain muda, pemain akademi, yang belum bisa bermain di Persib, mereka bisa mengembangkan permainan di Bandung B," kata Robert.

“Itu normal jika sebuah klub memiliki second team dan bisa berkembang bersama dengan talenta muda dari akademi, seperti talenta yang dimiliki oleh Beckham (Putra). Beckham memiliki talenta yang bagus, dia datang ke liga 1, dan belum siap karena dia sulit berkembang karena menit bermain yang kurang, maka dia bisa ke liga 2 untuk berkembang dan dia bisa kembali ke liga 1 dalam keadaan siap bermain. Ini adalah contoh bagus untuk klub yang butuh tim kedua,” tandasnya.  (*)

WJT / dms

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya