backgroud
logo

Persib

 

Persja 1-1 Persija

Gol Artur Selamatkan Persib dari Kekalahan di Kandang Persija

Gol Artur Selamatkan Persib dari Kekalahan di Kandang Persija

 
Gol Artur Selamatkan Persib dari Kekalahan di Kandang Persija
. (WJtoday/Yoga Enggar)
WJtoday
Rabu, 10 Juli 2019 | 17:43 WIB
WJtoday, Jakarta - Tim Persib Bandung harus puas meraih hasil imbang pada laga Pekan 8 Liga 1 2019 kontra Persija Jakarta yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan Jakarta, Rabu (10/7/2019) sore.

Dalam laga bertajuk el-classico Indonesia tersebut, hasil akhir berkesudahan dengan skor 1-1. 

Persib tertinggal lebih dulu lewat gol striker Persija Marco Simic pada menit 75, dan berhasil disamakan oleh Artur Gevorkyan menit 90+1. Dengan hasil ini, posisi kedua tim tidak banyak berubah di papan klasmeen sementara Liga 1 2019.

Maung Bandung tetap menghuni posisi 12 dengan 7 poin dari 7 laga. Sedangkan Macan Kemayoran berada 1 strip di bawahnya dengan poin 6 dari 6 laga yang sudah dilakoni.

Skor imbang untuk ke-17 kali ini menjadi hasil yang adil bagi kedua tim. Pasalnya, kedua kubu tampil baik pada el-classico seri ke-41 sejak musim 1994-1995 tersebut. Sepanjang Babak I, tim Ibu Kota begitu menguasai jalannya pertandingan. Serangan demi serangan dilancarkan para penyerang Persija, seperti Bruno Matos dan Marko Simic dibantu Yogi Rahadian, Riko Simanjuntak, serta Rohit Chand.

Namun serangan gencar Macan Kemayoran selalu gagal menembus tembok pertahanan Maung Bandung yang digalang Bojan Malisic dan Supardi Nasir, serta Achmad Jufriyanto dan Ardi Idrus. Tercatat ada 4 peluang emas Persija yang lahir di Babak I. Tiga kali melalui Bruno Matos dan sekali dari kaki Marco Simic. Namun kiper Maung Bandung, M Natshir tampil gemilang mematahkan keempat pelaung tersebut hingga tak bisa dikonversi menjadi gol. Kerja keras Deden Natshir pun berbuntut petaka. Deden harus ditarik keluar lapangan dan posisinya digantikan kiper senior I Made Wirawan, karena cedera setelah bertabrakan dengan Bruno Matos.

Pada laga di SUGBK kali ini, Persib sendiri lebih banyak menerapkan skema serangan balik. Kendati belum bisa menjebol gawang yang dikawal Shahar Ginanjar, serangan yang dimotori Ezechiel N'Douassel dan Febri Hariyadi cukup membuat repot barisan pertahanan Persija yang digalang Maman Abdurahman. Hingga Babak I berakhir, skor pun belum berubah masih 0-0 untuk kedua tim..

Memasuki Babak II, tensi pertandingan semakin tinggi. Tuan rumah langsung menerapkan pola menyerang sejak menit-menit awal laga. Sementara Persib lebih menurunkan tempo permainnya. Sejumlah peluang pun diciptakan tim tuan rumah namun, hingga pertengahan paruh kedua tak gol yang tercipta.

Guna menambah daya serang Maung Bandung, Coach Robert Albert melakukan 2 pergantian pemain. Artur Gevorkyan masuk menggantikan Febri Hariyadi, dan Kim Jeffrey Kurniawan menggantikan Gian Zola. Sedangkan di kubu tuan rumah, masuk Bambang pamungkas menggantikan Bruno Matos yang mangalami cedera

Masuknya 3 pemain anyar tersebut membuat roda serangan kedua tim makin berjalan. Malapetaka akhirnya datang bagi Persib pada menit 75. Umpan tendangan pojok dari Ismet Sofyan berhasil ditanduk oleh Marco Simic. Bola yang sempat menerjang tiang atas gawang memantul ke dalam yang tak mungkin diantisipasi Made Wirawan. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Gol tuan rumah pun sempat diprotes para pemain Persib, yang menganggap bola mengenai garis gawang, namun wasit tetap mengesahkan gol pemain asal Kroasia tersebut.

Hasil gambar untuk gol artur gevorkyan ke gawang persija
Gelandang Persib Rene Mihelic melakukan serangan ke lini pertahanan Persija pada laga yang digelar di SUGBK, Senayan Jakartam Rabu (10/7/2019).

Seusai gol tersebut, Persib pun meningkatkan tekanannya ke kubu lawan. Di lain pihak, tim asuhan Pelatih Julio Bunoelos memilih lebih bertahan. Untuk meperkuat lini pertahanannya, pelatih asal Spanyol ini menarik Yogi Rahadian diganti Febri Eka, dan Riko Simanjuntak digantikan Yan Nasadit saat laga menyisakan beberapa menit lagi.

Serangan-serangan Maung Bandung pun semakin gencar. Kesempatan pun terbuka, saat pemain Persija Novri Setiawan diusir wasit karena menendang bola ke arah Ezechiel setelah dirinya dijatuhkan oleh pemain asal Chad tersebut. Tindakan bodoh itu pun langsung diganjar kartu merah langsung.

Bermain dengan 10 pemain, membuat Persib lebih leluasa melakukan penetrasi. Gol penyeimbang pun akhirnya datang saat laga memasuki masa injury time menit 90+1. Umpan Ezechiel ke kotak penalti menciptakan kemelut di mulut gawang Shahar Ginanjar. Kim Jeffrey bersama Esteban Vizcarra berebut bola dengan Rohit Chand. Bola yang lepas dari kaki Rohit Chand disambar oleh Artur ke gawang yang tak bisa diantisipasi oleh Shahar Ginanjar. Skor pun berubah menjadi 1-1, yang bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain
Persija Jakarta  (4-3-3)
Shahar Ginanjar; Ismed Sofyan (C), Ryuji Utomo, Maman Abdurahman, Tony Sucipto; Rohit Chand, Yogi Rahadian/Feby Eka, Riko Simanjuntak/Yan Nasadit; Novri Setiawan (KM); Bruno Matos/Bambang Pamungkas; Marko Simic
Pelatih: Julio Banuelos
Persib Bandung (4-3-2-1)
M Ntashir/I Made Wirawwan; Supardi Nasir (C), Bojan Malisic, Achmad Jufriyanto, Ardi Idrus; Hariono, Gian Zola Nashrullah/Kim Jeffrey Kurniawan, Esteban Vizcarra, Febri Hariyadi/Artur Gevorkyan, Rene Mihelic, Ezechiel N’Douassel
Pelatih: Robert Rene Alberts. ***

WJT / dms

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya