backgroud
logo

Buletin

 

Rekayasa Arus di Sukajadi, Polisi Antisipasi Kemacetan Akhir Pekan

Rekayasa Arus di Sukajadi, Polisi Antisipasi Kemacetan Akhir Pekan

 
Rekayasa Arus di Sukajadi, Polisi Antisipasi Kemacetan Akhir Pekan
Polisi mengatur arus lalu-intas saat diterapkan uji coba rekayasa di Jalan Sukajadi-Cipaganti. (net)
WJtoday
Jumat, 12 Juli 2019 | 17:26 WIB
WJtoday, Bandung - Menghadapi liburan akhir pekan, Satlantas Polrestabes Bandung telah melakukan antisipasi jika terjadinya kemacetan khususnya di sejumlah ruas jalan yang terimbang uji coba rekayasa arus lalu lintas di Jalan Sukajadi-Cipaganti.

Guna mengurai kemacetan di sejumlah ruas jalan menuju kawasan wisata Bandung Utara, seperti Lembang dan sekitarnya, Satlantas mengerahkan 110 personelnya. Hal tersebut karena dipastikan ribuan kendaraan wisatawan dari luar kota akan masuk ke Kota Bandung mulai Jumat (12/7/2019) hingga Minggu (14/7/2019) nanti.

"Menjelang akhir pekan, terhitung sejak Jumat (12/7/2019), Sabtu (13/7/2019), dan Minggu (14/7/2019), sudah kami prediksi bahwa Bandung masih menjadi tujuan wisata. Rekayasa sengaja kami mulai sejak Kamis (weekday) hingga weekend. Hal tersebut untuk menguji kondisi lalu lintas di hari biasa dan akhir pekan," kata Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Agung Reza P, Jumat (12/7/2019).

Agung menyebutkan, Satlantas sudah mempersiapkan personelnya dibantu instansi terkait, seperti Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung untuk fokus pada wilayah yang terimbas uji coba rekayasa lalu lintas di Jalan Sukajadi-Cipaganti yang sudah diberlakukan sejak Kamis (11/7/2019) hingga 18 juli mendatang. Kawasan yang menjadi fokus perhatian, seperti Jalan Setiabudgi, Gegerkalong, dan Gerbang Tol Pasteur.

Agung sendiri menilai, ruas jalan di Kota Bandung masih mencukupi menampung volume kendaraan, hanya aliran lalu lintas yang perlu diatur. Agung berharap masyarakat bersabar karena uji coba rekayasa lalu lintas tersebut bertujuan untuk kelancaran bersama. 

Hari Kedua Uji Coba Relatif Lancar
Sementara itu, hari kedua uji coba rekayasa arus lalu lintas di kawasan Jalan Sukajadi-Cipaganti pada Jumat (12/7/2019) ini, terpantau relatif lancar dibanding hari pertama, Kamis (11/7/2019). 

Arus lalu lintas khususnya di simpang Jalan Cipaganti=Sukajadi dari arah Fly Over Pasupati, terlihat sedikit ada antrean kendaraan menuju lampu lalu lintas. Namun, memasuki Jalan Sukajadi menuju arah utara, arus lalu lintas cenderung lancar dan tidak terlihat ada kemacetan.

"Dari pagi kami sudah memantau, khususnya di hari kedua, arus lalu lintas relatif lancar. Jika dibanding hari pertama, kondisinya padat dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya rekayasa arus lalu lintas," kata Agung Reza.

Agung menjelaskan, pada hari kedua, masyarakat terlihat memilih jalan agar tidak terkena imbas kemacetan. Berdasarkan pantauan dan evaluasi, menurut Agung, hari kedua uji coba, volume kendaraan sudah meningkat memasuki wilayah Kota Bandung. 
Dia mencatat, kendaraan dari luar Kota Bandung khususnya wisatawan sudah mulai memasuki Bandung. Agung pun mengimbau kepada pengendara dan masyarakat agar tetap sabar. Karena uji coba tersebut bertujuan untuk kebaikan bersama warga Kota Bandung.  ***

WJT / dms

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya