backgroud
logo

Bisnis

 

Saldo Nasabah Keliru, Bank Mandiri Sebut Bukan karena Penipuan

Saldo Nasabah Keliru, Bank Mandiri Sebut Bukan karena Penipuan

 
Saldo Nasabah Keliru, Bank Mandiri Sebut Bukan karena Penipuan
Saldo Nasabah Keliru, Bank Mandiri Sebut Bukan karena Penipuan. (WJtoday/Yoga Enggar)
WJtoday
Sabtu, 20 Juli 2019 | 11:54 WIB
WJtoday, Bandung - Bank Mandiri menyebut kerusakan layanan yang mengakibatkan perubahan pada saldo nasabah bukan terjadi karena fraud atau penipuan, tapi pada bagian sistem teknologi informasi (IT). 

"Terdapat 10 persen kekeliruan jumlah saldo. Ini eror di IT waktu akhir hari di-back-up," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas di Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Rohan menyebut kerusakan terjadi saat proses tutup buku di akhir hari, yaitu saat data sementara dipindahkan ke server back-up dan server inti justru memproses transaksi di hari sebelumnya. 

Mandiri menegaskan bahwa mereka mengetahui seluruh saldo asli nasabah pada dan saat ini sedang memproses pemeriksaan ganda (cek and double check) untuk mengembalikan saldo ke posisi semula. 

"Ada saldo yang bertambah dan ada yang berkurang. Ini membuktikan bukan fraud," katanya. 

Rohan juga menyebut dana nasabah tidak akan berkurang karena kerusakan pada sistem layanan ini dan akan kembali dalam waktu dua jam ke depan. 

Bagi nasabah yang saldonya belum kembali ke posisi semula, atau masih terdampak eror, Mandiri menyarankan untuk menghubungi via email atau call center. 

Bank Mandiri menyebut saat ini pihaknya sedang melakukan pemeliharaan sistem teknologi informasi untuk memperbaiki layanan yang sempat rusak pada Sabtu (20/7) dan tidak ada pengurangan saldo dana nasabah.

"Tidak ada fraud eror. Saldo nasabah akan kembali seperti sedia kala. Mohon maaf ini terjadi di akhir pekan, apalagi pada yang sedang berbelanja. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Ini rata terjadi di seluruh Indonesia. Kami jamin uang bapak aman," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas.


Sebelumnya, dalam cuitan dalam lini masa Twitter yang dipantau pada Sabtu pagi, terdapat nasabah Bank Mandiri yang meminta penjelasan atas perubahan saldo rekening.

Nasabah Bank Mandiri pada Sabtu (20/7) pagi mengaku kebingungan lantaran saldo di rekening mereka mendadak berubah drastis. Nasabah mengaku mendapati saldo tabungannya bermasalah, mulai dari berkurang hingga bertambah drastis.

Melalui lini masa Twitter, sebagian nasabah mengaku kebingungan lantaran saldo di rekeningnya berkurang. Sementara nasabah lain mengaku saldo di rekeningnya bertambah dalam jumlah fantastis. 

Mandiri Normalisasikan Saldo Nasabah Pasca Maintenance
Bank Mandiri saat ini tengah melakukan pemeliharaan/ maintenance sistem teknologi informasi untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan nasabah. Menurut Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, dalam proses pemeliharaan dan peningkatan kualitas sistem IT tersebut, berdampak pada berubahnya nilai saldo sebagian nasabah. 

Bank Mandiri saat ini sedang melakukan normalisasi saldo rekening yang terdampak pemeliharaan sistem IT tersebut.

“Kami memohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sedang melakukan normalisasi saldo nasabah dan kami juga memastikan bahwa dana nasabah tetap aman serta tidak hilang,” kata Rohan Hafas, Sabtu (20/7).

Bank Mandiri mempersilahkan Nasabah yang ingin melakukan pengecekan rekening tabungannya ke kantor cabang Bank Mandiri. Rohan meminta nasabah untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Kami pastikan rekening nasabah, aman," tegas Rohan.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

mandiri call 14000, +62-21-52997777 
Fax: +62-21-52997735
Email: mandiricare@bankmandiri.co.id
atau cabang mandiri terdekat
https://www.bankmandiri.co.id/web/guest/weekend-banking. ***

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya