backgroud
logo

Bisnis

 

Pembangunan Asrama Haji di Indramayu akan Dimulai Tahun 2020

Pembangunan Asrama Haji di Indramayu akan Dimulai Tahun 2020

 
Pembangunan Asrama Haji di Indramayu akan Dimulai Tahun 2020
ilustrasi. (antara)
WJtoday
Sabtu, 20 Juli 2019 | 16:49 WIB
WJtoday, Bandung - Pemerintah pusat  melalui Kementerian Agama akan membangun asrama haji di Lohbener, Kabupaten Indramayu. Luas asrama haji tersebut sekitar 8 hektare atau 76.000 meter persegi.

Ditergetkan, asrama rampung dalam jangka waktu lima tahun. Konstruksi pun direncanakan dimulai dari 2020.

Sementara, tahun 2020 nanti dipastikan enam calon jamaah haji asal Kota Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan, Sumedang dan Majalengka akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Kertajati. 

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Barat, Ajam Mustajam mengatakan, kebutuhan anggaran pembangunan asrama haji di Indramayu tersebut membutuhkan Rp 200 miliar dengan skema pendanaan tahun jamak. Untuk tahun pertama di 2020, pihaknya menargetkan dapat membangun aula, gedung kantor,  sebagian asrama dan gudang untuk pemberangkatan.

"Untuk asrama bertahap, anggaran sudah diusulkan dari APBN 2020 secara bertahap, Insya Allah tahun 2020 baru mulai pembangunan," ucap dia kepada wartawan,  Sabtu 20/7/2019.

Nantinya, kata dia, asrama tersebut akan mampu menampung empat kelompok terbang atau 4 kloter setiap harinya. Selain merencanakan pembangunan asrama, pihaknya pun mempersiapkan pemberangkatan haji 2020 dari Kertajati. 

"Kami udah menganalisa untuk memberangkatkan haji dari Kertajati, kemungkinan 2020 tidak maksimal, tapi ditargetkan pemberangkatan haji dari Kertajati hanya jemaah haji asal Kota/Kabupaten Cirebon, Majalengka, Kuningan, Sumedang dan Indramayu, lalu selanjutnya kalau asrama haji sudah tuntas 100 persen, itu hanya Kota/Kabupaten Bekasi, Kota/Kabupaten Bogor, Depok, Cianjur, Kota Kabupaten Sukabumi yang tidak diberangkatkan dari Kertajati," tuturnya. 

Di sisi lain, lanjut Ajam, Direktur Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Kemenag mewacanakan pemberangkatan haji berdasarkan zonasi. 

"Umrah dan haji nanti akan dilakukan secara zonasi, jarak terdekat dengan embarkasi. Nah yang dekat dengan Kertajati ini selain Jabar, Kertajati ini dekat dengan Jawa Tengah bagian barat seperti Brebes, Tegal, mereka bisa berangkat dari Kertajati daripada ke Solo, tapi kami belum berkordinasi dengan Jateng karena ini masih wacana," katanya.***

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya