backgroud
logo

Trensosial

 

Tangkuban Parahu Erupsi, Warga Diimbau Bijak Sebar Berita di Medsos

Tangkuban Parahu Erupsi, Warga Diimbau Bijak Sebar Berita di Medsos

 
Tangkuban Parahu Erupsi, Warga Diimbau Bijak Sebar Berita di Medsos
Capture video erupsi Gunung Tangkuban Parahu pada Jumat (26/7/2019) yang tersebar di Medsos. (WJtoday/Yoga Enggar)
WJtoday
Jumat, 2 Agustus 2019 | 13:44 WIB
WJtoday, Bandung - Anggota Komisi 1 DPR RI Yadi Srimulyadi mengajak ratusan kaum milenial yang ada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat agar mampu menangkal berita hoaks di era globalisasi.

"Kami berharap kaum milenial agar bijak menggunakan media sosial. Untuk pribadi masing-masing, agar tidak terjerat UU ITE," kata Yadi usai mengisi acara "Seminar Menjaga NKRI, Merawat Persatuan dan Kebinekaan" di Graha Alif, Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Jumat (2/8/2019).

Ia mengklaim, pihaknya datang ke sejumlah daerah bersama Kominfo untuk menyosialisasikan kepada milenial agar bisa menjaga keutuhan NKRI dan menangkal berita hoaks.

"Jangan terpengaruh oleh berita-berita hoaks. Apalagi menyebarkan berita hoaks, ini di beberapa tempat kami terus menyosialisasikan kepada kaum milenial agar bijak menggunakan internet dan media sosial,"ungkapnya.


Ia mencontohkan, sekarang di pemberitaan media massa, baik media sosial dan media mainstream sedang ramai pemberitaan Gunung Tangkuban Parahu Erupsi.

Pihaknya berharap kepada masyarakat agar menahan diri untuk menyebarkan informasi bila mendapatkan kiriman berita yang tidak jelas sumbernya.

"Kami imbau, menanggapi berita itu harus bijak. Apalagi menyebarkan, kalau memang tidak bisa dipertanggungjawabkan jangan disebarkan, kalau keterima diamkan saja. Setop di HP masing-masing dan cari berita di media resmi, baru bisa sebarkan. Kalau belum yakin kebenaran berita itu, ya lebih baik diam," jelasnya.

Begitupun kepada media mainstream, pihaknya mengimbau agar membuat judul berita yang dapat mendinginkan suasana. "Memang oleh Kementerian sudah diimbau seperti itu," pungkasnya. ***

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya