backgroud
logo

Persib

 

Persela Lamongan vs Persib Bandung

Akhiri Tren Negatif

Akhiri Tren Negatif

 
Akhiri Tren Negatif
. (WJtoday/Yoga Enggar)
WJtoday
Kamis, 8 Agustus 2019 | 10:04 WIB
WJtoday, Lamongan - Persib Bandung dan Persela Lamongan bakal beradu taktik dan strategi pada laga Pekan 13 Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Kamis (7/8/2019) malam. 

Kedua tim yang hingga kini menghuni papan bawah tersebut sama-sama bertekad untuk meraih kemenangan demi memperbaiki posisi mereka di klasemen Liga 1.  

Laskar Joko Tingkir tengah dalam performa bagus. Sempat terseok di awal musim, penampilan Persela mulai stabil. Dalam 4 laga terakhir, Persela meraih 2 kemenangan, dan 2 kali hasil seri yang membuat posisi mereka di klasemen mulai naik, meski perlahan. Sebaliknya, tim tamu datang dalam kondisi tertekan, setelah menuai 3 kekalahan beruntun. Sebelumnya, Maung Bandung takluk oleh Bali United (0-2), Arema FC (5-1), dan Barito (1-0)

Pelatih Fisik Persib Yaya Sunarya menegaskan, kini timnya sudah siap menghadapi Persela. Yaya menyatakan, skuat Maung Bandung sudah melakukan sesi pemulihan singkat sejak Selasa (6/8/2019) kemarin, setelah melakoni laga tandang Peakn 12 kontra Barito Putera, Minggu (4/8/2019) lalu. 

Kendati sedang berada dalam tren negatif, Yaya menegaskan Persib tetap mengusung misi 3 poin. Timnya tak mau lagi mengulang kesalahan dan kembali menelan kekalahan untuk kali keempat beruntun, dan mengakhir tren negatif dalam 3 laga terakhir. 


“Insya Allah kita sudah siap. Kita sudah sharing. Kita sudah berjanji untuk bagaimana caranya memenangi pertandingan. Itu poin penting yang selalu berusaha kita lakukan di setiap pertandingan,” ujar Yaya dalam sesi konferensi pers jelang laga di Stadion Surajaya, Rabu (7/8/2019).

Kendati persiapan tim cukup singkat, Yaya tetap percaya anak-anak asuhnya bisa menampilkan permainan terbaik dan memberikan hasil maksimal.

“Kita punya masa recovery yang berbeda dengan Persela. Tapi kita sudah punya rencana, kita punya program, bagaimana menyiapkan tim menjelang pertandingan melawan Persela besok,” tambahnya.

Menurut Yaya, tim Maung Bandung pun sudah mempelajari dengan baik cara bermain Laskar Joko Tingkir tersebut. Timnya tak mau kejadian di markas Barito terulang kembali, saat gawang Persib jebol di detik-detik terakhir laga, sehingga gagal memetik poin di Stadion Demang Lehman, Martapura.

Di pihak lain, Persela tengah on fire setelah pada 4 laga sebelumnya meraih hasil positif, dengan mengalahkan Kalteng Putra (3-0) dan Bali United (2-0), serta menahan imbang Barito (0-0) dan Borneo FC (2-2).

“Kita sudah cukup tahu bagaimana tim Persela berprogres di laga kandang. Tentunya ini menjadi salah satu catatan kita untuk dipelajari,” tandasnya.

“Pertandingan terakhir melawan Barito menjadi catatan tersendiri bagi kita, tentunya kita tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama. Ini menjadi suatu keinginan yang kuat dari kita," sambung Yaya.

Menurut Yaya, mental pemain pun dinilai sudah pulih pascamenelan kekalahan dari Barito. Dia mengakui memang kekalahan yang terus dialami pemainnya membuat mental ambruk. Tekanan pun kini makin terasa oleh pemain dan menjadi tantangan dari pelatih membakar semangat pemain.

“Kondisi mental pemain tentunya tidak mudah setelah menerima kekalahan (beruntun). Karena setiap pelatih akan menjadi beban yang berat ketika harus menyikapi pertandingan dengan hasil yang tidak memuaskan,” jelasnya.

Semua pemain dan pelatih pun mencoba saling menguatkan supaya bisa segera bangkit dan kembali ke jalur kemenangan.

“Kita akan berusaha memperbaiki psikologis pemain dengan sharing, saling menguatkan bahwa di dalam tim tidak sendiri, kita sama-sama dan kita berusaha untuk keluar (situasi sulit) sama-sama. Karena hanya dengan cara itu kita bisa keluar dari situasi ini,” ungkapnya.

Persib sendiri, ujar Yaya, bisa turun dengan kekuatan penuh besok. Sebanyak 20 pemain yang dibawa ke Martapura, semuanya diboyong ke Lamongan. Namun belum diketahui apakah tim pelatih akan memanggil gelandang asingnya, Rene Mihleic dan penyerang Artue Govarkyan dari Bandung. Pada laga sebelumnya kontra Barito, Rene tak dibawa karena menjalani hukuman akumulasi kartu, sedangkan Artur sengaja tidak diikutsertakan. “Insya Allah kita bermain dengan full team,” tandas Yaya.


Persela Percaya Diri hadapi Persib
Sementara itu, Persela sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi Persib.  Pelatih Persela Nil Maizar pun optimistis, dengan persiapan yang telah dilakukan, timnya bisa meraih hasil positif pada laga nanti. Apalagi saat ini Persela bakal tampil dengan skuat terbaiknya, karena tak ada permain yang terkena hukuman kartu dan mengalami cedera.

“Persiapan tim sampai kemarin cukup bagus. Kondisi pemain tidak ada yang cedera..Semua siap untuk main, dan tak ada yang terkena akumulasi kartu kuning,” ujarnya dalam acara konferensi pers di Stadion Surjaya, Lamongan, Rabu (7/8/2019).

Selain itu, Laskar Joko Tingkir memiliki waktu persiapan yang lebih lama dibanding Maung Bandung. Persela memiliki waktu sepekan lebih setelah laga Pekan 12 kontra Perseru Badak Lampung yang sedianya digelar pada Sabtu (3/8/2019) lalu ditunda. Sementara Persib baru melakoni laga tandang kontra Barito Putera pada Minggu (4/8/2019).  

Kendati demikian, Nil Maizar tak mau memandang sebelah mata tim tamu. Pelatih asal Sumatera Barta ini tetap akan mewaspadai agresivitas para pemain lokal dan asing milik Pelatih Robert Rene Alberts tersebut.

“Kami tahu Persib Bandung tim yang bagus, kombinasi pemain lokal dan pemain asingnya luar biasa. Tapi yang pasti, saya mewakili tim pelatih dan pemain, kami bertekad memenangi pertandingan besok malam. Mudah-mudahan tekad kami ini menjadi kenyataan,” tandas Nil. 

Head to Head
1 Desember 2018        Liga 1 2018        Persela Lamongan 1-1 Persib Bandung
17 Juli 2018                Liga 1 2018         Persib Bandung 1-0 Persela Lamongan
22 Oktober 2017         Liga 1 2017         Persela Lamongan 1-0 Persib Bandung
12 Juli 2017                   Liga 1 2017         Persib Bandung 1-1 Persela Lamongan
26 November 2016   TSC 2016            Persela Lamongan 2-1 Persib Bandung
29 Juli 2016                TSC 2016            Persib Bandung 1-0 Persela Lamongan
15 November 2015    Piala Sudirman    Persela Lamongan 2-3 Persib Bandung
12 Mei 2013                ISL                      Persib Bandung 3-1 Persela Lamongan
2 Mei 2013                  ISL                      Persela Lamongan 1-1 Persib Bandung

5 Laga Terakhir Persela Lamongan
29 Juli 2019         Persela Lamongan 2-2 Borneo FC
22 Juli 2019         Barito Putera 0-0 Persela Lamongan
18 Juli 2019         Persela Lamongan 2-0 Bali United
11 Juli 2019         Persela Lamongan 3-0 Kalteng Putra
6 Juli 2019         PSIS Semarang 2-0 Persela Lamongan

5 Laga Terakhir Persib Bandung
16 Juli 2019         Persib Bandung 2-0 Kalteng Putra
21 Juli 2019         PSIS Semarang 0-1 Persib Bandung
26 Juli 2019         Persib Bandung 0-2 Bali United
30 Juni 2019    Arema FC 5-1 Persib Bandung 
4 Agustus 2019 Barito Putera 1-0 Persib Bandung

Posisi di Klasemen
                        M M S K Gm-Gk P
12 Persib Bandung         12 3 4 5 11-17 13 
15 Persela Lamongan 11 2 4 5 15-20 10

Perkiraan Susunan Pemain 
Persela Lamongan (4-2-3-1)
Dian Agus; Birrul Walidain, Mawouna Amevor, M Zaenuri, Eky Taufik; Kei Hirose, Lucky Wahyu, Rafael Oliveira, Malik Risaldi, Delvin Rumbino; Alex Goncalves
Pelatih: Nil Maizar


Persib Bandung (4-2-3-1)
I Made Wirawan; Supardi, Bojan Malisic, Achmad Jufriyanto, Ardi Idrus; Hariono, Kim Kurniawan, Ghozali Siegar, Febri Hariyadi, Esteban Vizcarra; Ezechiel N’Douassel.
Pelatih: Robert Rene Alberts. ***

WJT / dms

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya