backgroud
logo

Fokus

 

Megawati Umumkan Struktur Kepengurusan DPP PDI Perjuangan 2019-2024

Megawati Umumkan Struktur Kepengurusan DPP PDI Perjuangan 2019-2024

 
Megawati Umumkan Struktur Kepengurusan DPP PDI Perjuangan 2019-2024
Megawati Umumkan Struktur Kepengurusan DPP PDI Perjuangan 2019-2024. (istimewa)
WJtoday
Sabtu, 10 Agustus 2019 | 13:20 WIB
WJtoday, Denpasar - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan struktur dan susunan pengurus DPP PDIP periode 2019-2024 di arena Kongres V PDIP di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, Sabtu (10/8).

Selaku formatur tunggal Megawati memiliki kewenangan untuk memilih struktur anak buahnya yang akan mengisi jabatan-jabatan kepengurusan DPP PDIP. Sejumlah nama seperti Komarudin Watubun sebaga Ketua Bidang Kehormatan dan Djarot Saiful Hidayat kembali masuk dalam jajaran.

"Ini wajah pembantu saya lima tahunan sekaligus mengucapkan janji jabatan," kata Megawati di arena Kongres V PDIP di Inna Grand Bali Beach Hotel, Bali, Sabtu (10/8/2019).

Sejumlah nama Menteri di Kabinet Joko Widodo - Jusuf Kalla juga masuk dalam struktur partai seperti halnya Yassona H. Laoly dan Puan Maharani.

Sementara itu Hasto Kristiyanto kembali terpilih menjadi Sekretaris Jenderal PDIP. Hasto sendiri sempat menyebutkan bahwa dirinya siap untuk kembali ditugaskan sebagai Sekretaris Jenderal PDIP.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kongres V PDIP 2019 menyebutkan bahwa tidak ada perubahan struktur partai. Setidaknya ada 27 personel yang bakal mengisi struktur DPP PDIP.

Susunan lengkap struktur kepengurusan DPP PDIP periode 2019-2024, sebagai berikut:

1. Ketua Umum: Megawati Soekarnoputri
2. Ketua bidang Kehormatan Partai: Komarudin Watubun
3. Ketua bidang Pemenangan Pemilu: Bambang Wuryanto
4. Ketua bidang Ideologi dan Kaderisasi: Djarot Saiful Hidayat
5. Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi: Sukur Nababan
6. Ketua bidang Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan: Puan Maharani
7. Ketua bidang Hukum HAM dan Perundang-undangan: Yasonna H. Laoly
8. Ketua bidang Perekonomian: Said Abdullah
9. Ketua bidang Pangan, Pertanian, Petani Kehutanan dan Lingkungan Hidup: I Made Urip
10. Ketua bidang Kelautan Perikanan dan Nelayan: Rohmin Dahuri
11. Ketua bidang Luar Negeri: Ahmad Basarah
12. Ketua bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana: Ribka Tjiptaning
13. Ketua bidang Industri tenaga kerja: Nusyirwan Sudjono
14. Ketua bidang Kesehatan dan Anak: Sri Rahayu
15. Ketua bidang Kebudayaan: Tri Rismaharini
16. Ketua bidang Koperasi dan UMKM: Mindo Sianipar
17. Ketua bidang Pariwisata: Sarwo Budi Wiranti Sukamdani
18. Ketua bidang Pemuda dan Olahraga: Eriko Sotarduga
19. Ketua bidang Keagamaan dan Kepercayaan kepada Tuhan YME: Hamka Haq
20. Ketua bidang Ekonomi Kreatif dan Ekonomi Digital: Mohammmad Prananda Prabowo
21. Sekretaris Jenderal: Hasto Kristiyanto
22. Wakil Sekjen bidang Internal: Utut Adianto
23. Wakil Sekjen bidang Program Kerakyatan: Sada Restu
24. Wakil Sekjen bidang Program Pemerintahan: Arif Wibowo
25. Bendahara Umum: Oli Dondokambe
26. Wakil Bendum bidang Internal: Rudianto Chen
27. Wakil Bendum bidang Program: Juliari Peter Batubara. 

Yasonna Laoly

Dua Menteri Jokowi Masuk Pengurus Baru PDIP
Dua menteri kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla masuk dalam jajaran pengurus Dewan Pimpinan Pusat PDIP periode 2019-2024 yang secara resmi dilantik pada Sabtu (10/8).  

Pertama adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani yang menjadi Ketua Bidang Politik dan Keamanan PDIP.  Jabatan itu sama dengan yang dipegang Puan pada periode sebelumnya (2015-2019).

Megawati sempat menggoda Puan saat mengumumkan jabatan putrinya itu. Puan, kata Megawati, sempat bertanya apakah dia akan ditempatkan di posisi legislatif atau eksekutif.

Puan diketahui bertarung di Dapil Jawa Tengah V (Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Kota Surakarta) pada Pileg 2019 dan berhasil meraih 404.304 suara. Ia menjadi caleg dengan suara tertinggi di Pemilu 2019.

"Cuma mbak Puan balik nanya, nanti ditugaskan ke legislatif apa eksekutif. Ya nanti saja tunggu. Sama-sama penting," kata Megawati saat mengumunkan struktur Pengurus DPP.

Selain Puan terdapat nama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yassona H. Laoly yang ikut duduk di jajaran pengurus DPP PDIP. Ia dilantik Megawati sebagai Bidang Hukum HAM dan Perundang-undangan PDIP.

"Nanti saya suruh ngurusi hukum itu loh. Hukum Indonesia sekarang menurut saya makin amburadul. Mesti ditata ulang. Sebagai Menteri dia 4 kali dapat WTP," kata Megawati. 

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini 

Risma jadi Ketua Bidang Kebudayaan
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah melantik dan mengukuhkan jajaran pengurus Dewan Pimpinan Pusat PDIP periode 2019-2024. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendapatkan porsi sebagai Ketua Bidang Kebudayaan DPP PDI Perjuangan.

Hanya saja, saat pelantikan, Risma tidak ada di arena Kongres V PDIP di Grand Inna Bali Beach Hotel, Bali. Megawati menyebut Risma sedang membongkar sekolah.

"Untuk bidang kebudayaan hari ini mohon maaf (tak bisa hadir). Karena sedang bongkar sekolah katanya, Bu Tri Rismaharini," ujar Megawati.

Risma sendiri sempat hadir di acara pembukaan Kongres V PDIP pada Kamis (8/8). Kehadiran Risma cukup mengundang perhatian lantaran ia menunggangi ojek online untuk datang ke arena kongres.

Selain itu, dalam kongres kali ini juga mencetak sejarah baru. Untuk pertama kali dalam sejarah PDIP Hasto Kristiyanto menjabat dua kali sebagai sekretaris jenderal.

"Jadi sekretaris jendral adalah Hasto Kristiyanto," kata Megawati.

Megawati mengakui pengumuman jabatan sekretaris jenderal partai berlambang banteng ini jadi yang ditunggu banyak pihak. Dia pun sempat berkelakar soal jabatan Hasto selama ini.

"Jadi saya kan mikir, si Hasto ini, bosen juga ya," ujar Megawati disambut tawa hadirin.

Megawati menyatakan ada sejumlah masukan dari kader PDIP saat kongres. Megawati mengatakan ada pihak yang menyebut bahwa sejak dulu, jabatan Sekjen hanya diampu sekali saja. Hal itu lantaran hampir tidak pernah ada sekjen PDIP yang menjabat dua periode. ***

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya