backgroud
logo

Persib

 

Persib Bandung vs Borneo FC

Maksimalkan Laga Kandang

Maksimalkan Laga Kandang

 
Maksimalkan Laga Kandang
. (WJtoday/Yoga Enggar)
WJtoday
Rabu, 14 Agustus 2019 | 05:13 WIB
WJtoday, Bandung - Tim Persib Bandung bakal kembali melakoni laga kandang pada Pekan 14 Liga 1 2019 ini dengan menjamu Borneo FC di Stadion si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Rabu (14/9/2019) malam.

Pelatih Robert Rene Alberts pun tak ingin membuang kesempatan bagi timnya untuk meraih 3 poin saat pada laga kandang ketujuh kali ini. Robert ogah kembali menuai hasil negatif, seperti pada laga home terakhir saat dikalahkan Bali United 2-0. Dia pun bertekad menebus kegagalan Maung Bandung yang hanya memetik 1 poin dari 4 laga terakhir. 

Robert sendiri optimistis, kali ini anak-anak asuhnya bisa meraih kemenangan di laga yang dihelat mulai pukul 18.30 WIB tersebut. 

"Besok adalah pertandingan yang besar dan penting buat kami. Hanya tersisa beberapa pertandingan lagi sebelum putaran pertama selesai. Sayangnya, kami tidak bisa mengumpulkan poin penuh di dua tandang terakhir. Jadi, pertandingan ini adalah kesempatan kami untuk menang dan mendapatkan tiga poin," kata Robert dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Selasa (13/8/2019).

Robert alberts preskon borneo fc greg
Robert Alberts saat konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Selasa (13/8/2019). (foto: persib.o.id).

Tak hanya kemenangan, Robert pun berharap timnya mampu menyuguhkan permainan menarik. "Saya tidak peduli bagaimana cara kami mencetak gol selama itu menjadi gol. Tapi tentunya saya sangat suka jika pemain bisa mencetak gol dari proses open play," tandasnya.

Soal tim Borneo FC yang akan menjadi lawan nanti, Robert mengaku mewaspadai beberapa hal, khususnya sektor penyerangan tim berjuluk Pedut Etam ini. 

"Besok kami akan mengantisipasi permainan agresif Borneo, karena itu memang gaya bermain mereka. Saya juga berharap wasit bisa mengontrol pertandingan dengan sangat baik," lanjutnya. 

Sedangkan di tim sendiri, Robert mengakui pasukannya masih memiliki kelemahan, khususnya di lini pertahanan yang menyebabkan gawang Maung Bandung jebol hingg 19 gol. Anak-anak asuhnya masih sering melakukan kesalahan yang menyebabkan terjadinya gol.
 
“Masih ada beberapa masalah yang kerap dilakukan oleh pemain, karena tidak cukup cepat menutup pergerakan lawan pada situasi serangan balik dan menempatkan bola di belakang bek kami. Di saat bersamaan, saya mau pemain untuk lebih cepat menghentikan usaha dari lawan melancarkan counter attack,” jelasnya.

Robert berharap kesalahan serupa tidak terjadi lagi saat menjamu Borneo. “Jadi untuk melawan Borneo yang mempunyai gaya bermain seperti itu (serangan balik cepat) kami harus bisa mundur dengan cepat. Kami tidak boleh kemasukan gol dengan cara seperti itu lagi,” tukasnya.

Namun sayang pada laga kali ini, pelatih 64 tahun tersebut tak bisa menurunkan center bek andalannya, Achmad Jufriyanto yang terkena hukuman kartu kuning. Selain Jupe, Robert pun belum bisa memainkan Rene Mihelic yang masih menjalani pemulihan cedera. 

"Kami tidak akan diperkuat mereka di pertandingan melawan Borneo nanti. Kami tahu dan sudah merencanakan semuanya. Yang terpenting, kami harus bermain dengan efektif saat pertandingan nanti," ujar Robert. 

Robert mengaku sudah menyiapkan pengganti absennya Jupe dan Mihelic.  "Khusus untuk Mihelic, kami punya banyak opsi di posisinya. Jadi saya bisa memanfaatkan pemain yang sudah melakukan persiapan," pungkasnya.

Sementara itu, Pelatih Borneo FC Mario Gomez menyatakan siap mewaspadai kekuatan Persib. Gomez sendiri memperkirakan timnya akan melakoni laga berat. Meski pada 7 laga sebelumnya, Borneo FC sukses belum terkalahkan, Gomez menilai hal itu bukan jaminan timnya bakal mampu menjinakkan mantan tim asuhannya tersebut. 

"Besok saya nilai adalah pertandingan yang sangat sengit. Kami akan menghadapi Persib, tim yang kuat, tim yang sulit dikalahkan. Apalagi jika mereka bermain di kandang, selalu sulit setiap tim tamu untuk bermain di Bandung," ucap Gomez dalam sesi konferensi pers di Graha Persib.
Gomez konferensi pers persib greg
Mario Gomez saat konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Selasa (13/8/2019). (foto: persib.o.id).

“Kami tahu mereka sedang dalam moment yang kurang baik, tapi itu sudah lewat. Setiap pertandingan itu selalu berbeda dan tergantung momentnya,” sambungnya.

Gomez malah akan bersiaga mengantisipasi kebangkitan Persib. Dia tak ingin timnya menyepelekan Persib yang sulit menang dengan sebuah keuntungan besar.

“Mungkin di satu pertandingan tidak bisa menang tapi laga besok tentunya akan berbeda. Setiap saat selalu berbeda, karena mungkin persiapannya berbeda atau pemainnya juga berbeda. Masa lalu sudah lewat, yang penting adalah saat ini,” tambahnya.

Kendati demikian, Gomez berharap anak-anak asuhnya mampu menampilkan performa maksimal. Dia pun berusaha membawa timnya agar bisa mencuri poin penuh dari Jalak Harupat. 

"Tapi, kami akan mencoba untuk merebut 3 poin dari sini. Seperti pertandingan-pertandingan sebelumnya, saya bersama tim berusaha untuk memenangkannya," ujar Gomez.

Pelatih asal Argentina itu pun menilai absennya Jupe dan Rene tidak menjadi keuntungan bagi Borneo. "Saya pun tidak melihat absennya dua pemain PERSIB sebagai keuntungan. Karena bagi kami setiap pertandingan akan berbeda situasi. Berbeda lawan, berbeda juga situasinya," sambungnya. 

Borneo sendiri, kata Gomez, kehilangan 4 pemain, yakni Asri Akbar dan Abdul Rahman karena akumulasi kartu, Wahyudi Hamisi yang absen karena hukuman Komisi Disiplin PSSI, serta Jan Lammers karena cedera.

“Kami membawa 19 pemain. Ada 2 pemain yang terkena akumulasi yaitu (Abdul) Rahman dan Asri (Akbar) dan ada 3 pemain cedera. Karena Jan (Lammers) cedera dan masih ada dua lainnya (yang cedera),” beber Gomez.

Selain itu, Gomez pun kemungkinan menyimpan Matias Conti di bangku cadangan. Pasalnya, pemain asal Argentina itu baru pulih dari cedera. “Besok juga Matias ada ada di bench karena sebelumnya dia baru absen selama 1 bulan,” terang Gomez.

Head to Head
17 September 2018    Liga 1 2018               Borneo FC 0-1 Persib Bandung
15 April 2018               Liga 1 2018               Persib Bandung 3 - 1 Borneo FC 
20 Mei 2017                 Liga 1 2017          Persib Bandung 2 - 2 Borneo FC
8 November 2017        Liga 1 2017               Borneo FC 2-1 Persib Bandung
5 Maret 2017              Piala Presiden 2017   Persib Bandung 2-1 Borneo FC (3-5, pen)
2 Maret 2017              Piala Presiden 2017   Borneo FC 2-1 Persib Bandung
14 Desember 2016      TSC 2016                   Persib Bandung 1 - 0 Borneo FC
7 Mei 2016                  TSC 2016                    Borneo FC 0-0 Persib Bandung
27 November 2015      Piala Sudirman           Persib Bandung 0-2 Borneo FC

5 Laga Terakhir Persib Bandung
8 Agustus 2019       Persela Lamongan 2-2 Persib Bandung
4 Agustus 2019       Barito Putera 1-0 Persib Bandung
30 Juli 2019             Arema FC 5-1 Persib Bandung 
26 Juli 2019             Persib Bandung 0-2 Bali United
21 Juli 2019             PSIS Semarang 0-1 Persib Bandung

5 Laga Terakhir Borne FC
10 Agustus 2019     Borneo 2-0 PSM Makassar
4 Agustus 2019 Borneo 2-2 PSS Sleman
29 Juli 2019         Persela 2-2 Borneo FC
22 Juli 2019         Perseru Badak Lampung 1-1 Borneo FC
18 Juli 2019         Borneo FC 4-3 Barito Putera 

Perkiraan Susunan Pemain
Persib Bandung
I Made Wirawan; Supardi Nasir, Ardi Idrus, Bojan Malisic, Henhen Herdiana, Hariono, Esteban Vizcarra, Gozali Siregar, Abdul Aziz, Febri Hariyadi, Ezechiel N'Douassel
Pelatih: Robert Rene Alberts
Borneo FC
Nadeo Arga Winata; Wildansyah, Fathul Rahman, Javlon Guseynov, Terens Puhiri, Mahadirga Lasut, Ambrizal Umanailo, Makarius Fredik, Wahyudi Setiawan, Renan da Silva, Lerby Eliandry
Pelatih: Mario Gomez. ***

WJT / dms

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya