backgroud
logo

Fokus

 

Kabinet sudah Disusun, Jokowi Sebut Ada Menterinya Berusia 25 Tahun

Kabinet sudah Disusun, Jokowi Sebut Ada Menterinya Berusia 25 Tahun

 
Kabinet sudah Disusun, Jokowi Sebut Ada Menterinya Berusia 25 Tahun
Kabinet sudah Disusun, Jokowi Sebut Ada Menterinya Berusia 25 Tahun. (CNNIndonesia)
WJtoday
Rabu, 14 Agustus 2019 | 17:39 WIB
WJtoday, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyatakan telah menyusun daftar menteri yang akan membantunya di periode kedua pemerintahannya. 

Jokowi mengungkapkan, kabinetnya nanti akan diisi kalangan generasi muda. Bahkan, kata Jokowi, ada menteri muda ini berusia di bawah 30 tahun. 

"Menteri ada yang usianya 25, di bawah 30, dan di bawah 35 tahun," ujar Jokowi dalam pertemuan dengan Forum Pimpinan Redaksi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/8/2019). 

Selain menteri dari kalangan generasi muda, Jokowi juga memastikan bakal memberikan porsi menteri perempuan seperti jumlah menteri perempuan yang ada saat ini. 

"Menteri perempuan jumlahnya bisa sama dengan sekarang," katanya. 

Menteri perempuan di kabinet saat ini berjumlah delapan orang yakni Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Menteri BUMN Rini Soemarno. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise.

Sebelumnya jumlah menteri di kabinet Jokowi ada sembilan orang. Namun, Khofifah mundur dari jabatannya sebagai Menteri Sosial untuk menjadi Gubernur Jawa Timur.

Terkait menteri dari generasi muda juga pernah disinggung Jokowi pada pertengahan Juli lalu. Saat itu Jokowi membuka peluang kabinet 2019-2024 diisi calon menteri dari generasi muda.

Jokowi mengatakan tak hanya mempertimbangkan anak-anak muda dari kalangan profesional tapi juga partai politik. 

"Saya minta dari partai juga ada yang muda, ada dari profesional juga," ucap Jokowi. 

Usulan ini sempat mendapat kritik dari Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri. Menurutnya, tantangan para menteri adalah masalah bangsa dan negara. Anak muda yang berhasil di perusahaan, tak menjamin akan sukses ketika mengelola pemerintahan. 

"Bukan merendahkan. Kalau anak muda, pintar, belum pernah menjalankan proses tata pemerintahan negara, itu bisa saja tidak berhasil," tuturnya.

Kabiner Kerja Jilid I

45 Persen Menteri dari Parpol, 55 Profesional
Jokowi menyatakan komposisi kabinet selanjutnya bakal lebih banyak diisi kalangan profesional ketimbang partai politik. Jokowi menyebut porsi untuk menteri dari kalangan profesional adalah 55 persen, sedangkan kalangan parpol 45 persen. 

"Kabinet sudah final. Komposisi 45 parpol, 55 profesional," ujar Jokowi dalam pertemuan Dewan Pemimpin Redaksi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Jokowi menyebut nama-nama menteri telah disampaikan kepada Ketua Umum partai politik pengusungnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. 

"Partai sudah diberitahu nama-nama anggota kabinet," katanya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, susunan kabinet di periode mendatang diharapkan mampu mencapai target yang ditentukan Jokowi. 

Ia menginginkan para menteri itu dapat bekerja cepat secara fokus dan terukur.  Jika tak memenuhi target, Jokowi tak segan untuk melakukan reshuffle. 

"Kabinet yang diharapkan adalah yang bisa kerja cepat, fokus, terukur. Kalau enggak berhasil ya di-reshuffle," ucap Jokowi. 
 
Terkait jumlah kementerian, Jokowi menyatakan tidak akan banyak berubah. Jumlah kementerian, menurutnya tetap 34 kementerian. Namun, kata dia, ada Kementerian yang dilebur dan kementerian baru. ***

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya