backgroud
logo

Sport

 

Menang Penalti dari Chelsea, Liverpool Raih Trofi Piala Super Eropa

Menang Penalti dari Chelsea, Liverpool Raih Trofi Piala Super Eropa

 
 Menang Penalti dari Chelsea, Liverpool Raih Trofi Piala Super Eropa
Liverpool sukses meraih trofi Piala Super Eropa 2019. (AP)
WJtoday
Kamis, 15 Agustus 2019 | 04:47 WIB
WJtoday, Istambul - Tim elite Liga Primer Inggris, Liverpool menasbihkan diri sebagai Raja Benua Biru. 

Juara Liga Champions Eropa ini sukses menggenggam trofi Piala Super Eropa musim 2019 setelah mengalahkan juara Liga Europa yang juga tim sesama Inggris Chelsea melalui drama adu penalti dengan skor 7-6 di Vodafone Arena, Istanbul, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB.

Adu penalti terpaksa digelar setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal 90 menit, dan kembali draw menjadi 2-2 saat melakoni babak tambahan 15x2.

Sejak menit-menit awal Babak I, Liverpool langsung mengambil kendali permainan. Mereka menciptakan peluang melalui tembakan salto Sadio Mane saat menerima umpan silang Henderson. Namun peluang itu masih gagal menjadi gol.

Setelah 10 menit, giliran Chelsea mengancam pertahanan Liverpool melalui tembakan dari luar kotak penalti yang dilakukan Pedro. Hanya saja tembakan tersebut masih melebar di sisi kiri gawang.

Chelsea hampir unggul di menit ke-40 saat penetrasi yang dilakukan Pulisic dari sisi kiri berhasil diselesaikan menjadi gol. Namun, gol tersebut tidak disahkan wasit karena dia sudah berada pada posisi offside saat menerima umpan.

Chelsea akhirnya bisa mencetak gol setelah Giroud lolos sendirian menerima umpan terobosan. Tanpa ampun dia melepaskan tembakan keras kaki kiri. Chelsea pun unggul 1-0 di menit 36, yang bertahan hingga turun minum.

Memasuki Babak II, Liverpool yang tertinggal skor memasukkan Roberto Firmino menggantikan Oxlade-Chambelain. Pergantian itu berbuah hasil ketika menit 48 Liverpool berhasil menyamakan kedudukan melalui Mane yang memanfaatkan sodoran pendek Firmino.

Di menit ke-74, Liverpool mendapatkan dua peluang emas. Namun, Kepa melakukan penyelamatan fantastik dari dua tembakan jarak dekat yang dilakukan oleh Salah dan Van Dijk.

Chelsea mencetak gol di menit 83 melalui sepakan keras Mount. Namun, gol tersebut ternyata tidak disahkan wasit karena Mount sudah berada dalam posisi offside. Hingga wasit meniupkan peluit akhir, skor tetap imbang 1-1, hingga harus digelar babak tambahan.

Pada Babak pertama ekstratime, langsung mencoba mencari gol. Tekanan di awal laga berbuah manis. Liverpool akhirnya membuka gol kedua melalui Mane yang memanfaatkan umpan cut-back Firmino pada menit 95. Skor pun berubah menjadi 2-1. 
Namun keunggulan Liverpool tak bertahan lama. Sebuah kesalahan dilakukan kiper Adrian saat mencoba menyambut bola silang, gapaian tangannya kepada bola justru mengenai kaki Abraham. Penalti yang kemudian diberikan kepada Chelsea yang sukses dituntaskan menjadi gol oleh Jorginho pada menit 101. Skor pun berubah kembali menjadi 2-2 yang bertahan hingga laga usai, dan harus diselesaikan melalui adu penalti.

Liverpool juara Piala Super Eropa. (Foto: Michael Regan/Getty Images)
Para pemain Liverpool menyambut kiper Adrian yang menjadi pahlawan kemenangan The Reds setelah berhasil memblok tendangan kelima dari pemain Chelsea pada drama adul penalti di ajang Piala Super Eropa di di Vodafone Arena, Istanbul, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB.

Di babak tos-tosan, 5 penembak Liverpool sukses menjebol gawang Chelsea yang dikawal Kepa. Sedangkan di kubu Chelsea, penendang kelima, gagal menembus gawang Liverpool yang dikawal Adrian. Liverpool pun unggul adu penalti 5-4. 
Laga pun akhirnya dimenangkan oleh Liverpool dengan skor total 7-6, dan berhak meraih trofi Piala Super Eropa. ***

WJT / dms

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya