backgroud
logo

Persib

 

PSM Makassar vs Persib Bandung

Motivasi Tinggi Meraih Kemenangan

Motivasi Tinggi Meraih Kemenangan

 
Motivasi Tinggi Meraih Kemenangan
. (WJtoday/Yoga Enggar)
WJtoday
Minggu, 18 Agustus 2019 | 06:04 WIB
WJtoday, Makassar - Tim Persib Bandung bakal melakoni laga tandang kontra PSM Makassar pada Pekan 15 Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (18/8/2019) malam

Laga diprediksi bakal berlangssung seru. Pasalnya kedua tim dipastikan menginginkan hasil 3 poin untuk memperbaiki posisi mereka di papan klasemen Liga 1. 

Saat ini kedua tim sama-sama mengoleksi 16 poin, namun PSM unggul selisih gol hingga memiliki peringkat lebih baik dibanding Persib, yakni di posisi 9, sedangkan Maung Bandung di peringkat 11. Selain itu, PSM juga memiliki tabungan 5 laga lebih banyak, karena baru bermain 9 kali, sedangkan Persib sudah 14 kali berlaga.

Menilik rekor pertemuan, memang Persib lebih unggul dari PSM. Dari 12 pertemuan terakhir, Persib berhasil memenangkan 6 laga yang diperoleh saat mereka bermain di kandang. Sedangkan 6 laga lainnya berakhir dengan sekali imbang dan 5 kemenangan untuk PSM. Empat kemenangan PSM pun mereka raih ketika bermain di kandang.

Dalam 5 laga terakhir, PSM sedikit lebih unggul dibanding Persib. Di ajang Liga 1, PSM baru memenangi laga kontra Barito Putera 3-1. Tim Juku Eja pun tengah dalam moitivasi tinggi setelah berhasil meraih trofi Piala Indonesia seusai mengalahakn Persija Jakarta di babak final. Hingga laga ke-9 pun, PSM belum pernah mengalami kekalahan di kandang.

Sedangkan Maung Bandung sedang terpuruk. Dalam 5 laga terakhir, Persib tak pernah bisa meraih poin penuh. Dua laga terakhir berujung pada hasil imbang. Sedangkan 3 laga lainnya berakhir dengan kekalahan. Rekor tandang Persib pun cukup buruk, yakni hanya berhasil meraih 1 kemenangan, sisanya di 6 laga berakhir dengan 3 kakalahan dan 3 hasil imbang.

Namun kondisi tersebut membuat motivasi skuat Maung Bandung meninggi. Selain berambisi memperbaiki peringkat di klasemen, Pelatih Robert Rene Alberts pun ingin memutus tren positif PSM yang tak terkalahkan di kandangnya.

"Pertandingan menarik, Persib akan melawan salah satu tim yang kuat di liga, kami sudah banyak melakukan persiapan saya tidak sabar dan merasa bersemangat untuk laga besok," ujar Robert dalam sesi konferensi pers jelang laga, Sabtu (17/8/2019).

Robert alberts jat
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts saat konferensi pers jelang laga, Sabtu (17/8/2019). (foto: persib.co.id)

Robert sendiri menaruh respek terhadap tim PSM yang pernah dilatihnya. Pelatih asal Belanda itu pun sudah mempersiapkan timnya dengan baik untuk laga ini. Apalagi dia sudah tahu betul bagaimana kapasitas para pemain PSM, lantaran tidak banyak berubah sejak ditinggalkannya pada musim lalu.

"PSM sekarang adalah tim yang bagus, saya tahu pemain-pemainnya, dan saya tahu mereka dan mental mereka. Tentu saja saya akan melihat skuat yang akan diturunkan besok, hanya kurang Asnawi (Mangkualam Bahar) yang tidak bisa tampil karena akumulasi. Tapi PSM tetap tim yang bagus," tegasnya.

Robert pun siap mengantisipasi agresivitas permainan PSM. Menurutnya, meski berada di peringkat 9, PSM tetap merupakan tim berkualitas. Karena posisi itu didapat hanya dalam 9 laga.

“Makassar adalah tim yang bagus. Namun sementara ini Persib masih belum menemukan ritme permainan terbaik. Tapi, kita selalu mencoba mencari poin di setiap waktu. Kita tahu akan berhadapan dengan salah satu tim terbaik di liga. Kita sudah mempersiapkan untuk itu,” paparnya. 

Menghadapi PSM Makasar, Robert membawa 20 pemain, termasuk center bek Bojan Malisic kendati sudah dipastikan dilepas pada Putaran 2 mendatangm bersama 2 pemain asing lainnya, Rene Mihelic dan Artur Govarkyan. Namun Rene dan Artur tidak dibawa ke Makassar.

"Rene cedera, sementara mengapa alasan Bojan dibawa, karena dia pemain bagus dan profesional," katanya.

Darije kalezic jat
Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic saat konferensi pers jelang laga, Sabtu (17/8/2019). (foto: persib.co.id)

Siap Amankan Poin di Kandang
Sementara itu, Pelatih PSM Darije Kalezic menganggap laga melawan tim Maung Bandung merupakan laga yang cukup bagus. Kalezic mempersiapkan timnya sebaik mungkin guna mengamankan poin di kandang.

"Mudah-mudahan kami bermain dengan baik dan memenangkan pertandingan," ujar Kalezic dalam sesi konferensi pers jelang laga, Sabtu (17/8/2019).

Kalezic pun berharap anak-anak asuhnya bisa meneruskan tren positif di kandang yang belum terkalahkan dalam 4 laga. "Dan mudah-mudahan dengan dukungan fans, kami bisa memainkan permainan dengan bagus dan memastikan tiga poin tidak pergi kemana-mana selain tinggal di Makassar," tambahnya.

Kendati demikian, Laskar Phinisi itu harus kehilangan beberapa pemainnya seperti Guy Junior Nke Ondoua dan Bayu Gatra yang mengalami cedera, serta Asnawi Mangkualam Bahar yang terkena akumulasi kartu. Zulkifly juga tidak akan bermain karena sudah memutuskan pindah klub.

“Saya bisa beritahu kalian, Guy Junior dan Bayu Gatra tidak bisa bermain, tapi pemain lainnya siap. Bayu Gatra cedera, dia ada robekan kecil di meniskunya. Kemarin lawan Barito robekannya membesar, dia perlu mendapatkan antroskopi dan operasi kecil,” jelas Kalezic .

Walau tanpa beberapa pemainnya ia harap pemain yang diturunkan bisa memberikan yang terbaik dan memenangkan pertandingan nanti. Sebagai pengganti ia bisa mengandalkan Taufik Hidayat, Beny Wahyudi, atau Hasyim Kipuw. 

“Di back kanan, kami punya banyak pilihan, Taufik bisa main di kiri, Beny bisa main ke kanan, Kipuw juga bisa main di kanan,” sebutnya.

Namun PSM kembali akan diperkuat bek andalannya Aaron Evans dan penyerang jangkungnya Eero Markkanen, yang sebelumnya absen dalam 2 laga karena akumulasi kartu merah.

Kalezic sendiri mengaku tak sabar menantikan laga melawan Persib. Baginya, bertanding melawan Maung Bandung merupakan kali pertama. Namun, dia mengaku sudah mendapat banyak informasi dan mengetahui peta kekuatan tim asuhan Robert Albert.

"Besok satu pertandingan cukup bagus menanti kami, Persib kami tahu tentang kualitas dan kelemahan Persib dan kami sudah siapkan diri dengan baik. Mudah-mudahan kami bisa mendapat hasil yang baik," katanya.

Head to Head
24 Oktober 2018 Liga 1 2018     PSM Makassar 1-0 Persib Bandung
23 Mei 2018             Liga 1 2018                  Persib Bandung 3-0 PSM Makassar
26 Januari 2018      Piala Presiden 2018     Persib Bandung 0-1 PSM Makassar
15 Oktober 2017     Liga 1 2017                   PSM Makassar 2-1 Persib Bandung
5 Juli 2017               Liga 1 2017                  Persib Bandung 2-1 PSM Makassar
6 Februari 2017      Piala Presiden 2017      Persib Bandung 1-0 PSM Makassar
29 Oktober 2016     TSC 2016                     PSM Makassar 2-2 Persib Bandung
2 Juli 2016               TSC 2016                     Persib Bandung 3-2 PSM Makassar
30 Mei 2010             ISL                                Persib Bandung 2-0 PSM Makassar
14 Oktober 2009     ISL                                  PSM Makassar 2-1 Persib Bandung
14 Februari 2009     ISL                                 Persib Bandung 0-0 PSM Makassar
15 November 2008 I SL                                 PSM Makassar 1-1 Persib Bandung

5 Laga Terakhir PSM Makassar
14 Agustus 2019     Liga 1 PSM Makassar 2-1 Barito Putera
10 Agustus 2019     Liga 1 Borneo FC 2-0 PSM Makassar
06 Agustus 2019     Piala Indonesia PSM Makassar 2-0 Persija Jakarta (agg 2-1)
1 Agustus 2019 Liga 1 Bali United 1-0 PSM Makassar 
21 Juli 2019         Piala Indonesia Persija Jakarta 1-0 PSM Makassar

5 Laga Terakhir Persib Bandung
14 Agustus 2019 Liga 1 Persib Bandung 2-2 Borneo FC
8 Agustus 2019   Liga 1      Persela Lamongan 2-2 Persib Bandung
4 Agustus 2019   Liga 1      Barito Putera 1-0 Persib Bandung
30 Juli 2019        Liga 1 Arema FC 5-1 Persib Bandung 
26 Juli 2019        Liga 1 Persib Bandung 0-2 Bali United

Klasemen
            M    M     S     K     Gm-Gk    P
9. PSM Makassar     9     5     1     3        11-8     16
11. Persib Bandung     14    3     6     5       15-21     15


Prakiraan Susunan Pemain: 
PSM Makassar
Hilmansyah; Taufik Hidayat, Abdul Rahman, Aaron Evans, Benny Wahyudi; Marc Anthony Klok, Rizky Pellu, Wiljan Pluim; M. Rahmat, Eero Markkanen, Ferdinand Sinaga
Pelatih: Darije Kalezic

Persib Bandung
I Made Wirawan; Bojan Malisic, Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir Bujang, Ardi Idrus; Kim Jeffrey Kurniawan, Hariono, Esteban Vizcarra; Ghozali Siregar, Febri Hariyadi, Ezechiel N'Douassel
Pelatih: Robert Rene Alberts. ***

WJT / dms

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya