backgroud
logo

Inspirasi

 

Dies Natalis ke-62, Unpad Luncurkan Market Place Mall Unpad Palamarta

Dies Natalis ke-62, Unpad Luncurkan Market Place Mall Unpad Palamarta

 
Dies Natalis ke-62, Unpad Luncurkan Market Place Mall Unpad Palamarta
Unpad Luncurkan Market Place Mall Unpad Palamarta. (net)
WJtoday
Rabu, 11 September 2019 | 18:26 WIB
WJtoday, Bandung - Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung meluncurkan situs belanja dalam jaringan (online) dengan alamat http://mall.unpad.ac.id/. 

Peluncuran market place yang diberi nama Mall Unpad Palamarta ini dilakukan saat Dies Natalis ke-62 perguruan tinggi tersebut, di kampus Unpad Jalan Dipati Ukur, Bandung, Rabu (11/9/2019).

Wakil Rektor Bidang Riset, Kerjasama, Inovasi, dan Korporasi Akademik Unpad Keri Lestari mengatakan, market place ini akan banyak memasarkan barang-barang hilirisasi dan hasil riset dari perguruan tinggi tersebut. "Ini platform untuk transaksi jual beli antara produk hilirisasi Unpad yang siap ke pasar," kata Keri.

Selain itu, situs inipun akan menjual produk potensi dari masyarakat hasil tindak lanjut kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa Unpad. Salah satunya temuan saat KKN di lima kecamatan di Kabupaten Sumedang.  "Di situ ada 53 produk yang kita angkat dari 53 desa," ucapnyua. 

Dengan hadirnya situs ini, dia berharap produk hasil inovasi dan riset pihaknya bisa dengan mudah sampai ke masyarakat. "Jika biasanya hanya untuk publikasi, sekarang kita kembangkan agar produk berteknologi itu lebih bermanfaat, agar masyarakat tahu. Kan ujungnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ungkap Keri.

Sebagai contoh, menurutnya produk-produk hasil riset dan inovasi Unpad yang siap dipasarkan di Mall Unpad Palamarta adalah kopi kiwari dan teh stevia. Selain itu, terdapat juga ubi khas Cilembu yang menurutnya dihasilkan melalui pertanian berteknologi.

"Kita kembangkan dengan smart farming,  dengan teknologi," katanya. 

Melalui market place ini, Keri meyakini akan lebih banyak masyarakat yang bisa dengan mudah mengenal produk-produk tersebut. 

"Atau setidaknya kepada 40 ribu warga Unpad. Di kami kan ada mahasiswa, tenaga pengajar, karyawan, sehingga ini pasar yang luas," sebut Keri.

Wakil Rektor Unpad Keri Lestari bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di sele-sela acara Dies Natalis ke-62 Unpad di Kampus Unpad, Jalan Dipatiukur Kota Bandung, Rabu (11/9/2019). (foto: istimewa)

Selain membantu dalam memasarkan melalui market place tersebut, menurut dia pihaknya pun menghubungkan produsen dengan industri. Salah satu contohnya dengan menggandeng Salim Group untuk menyerap ubi Cilembu khas Sumedang.

Tak hanya itu, dia pun berharap masyarakat bisa lebih diberdayakan dengan memiliki usaha logistik. "Jadi dengan ekosistem ini, masyarakat juga bisa memiliki usaha logistik agar bisa mengangkut hasil karyanya ke pasar," tandas dia.

Lebih lanjut, Keri menyebut pihaknya telah bekerjasama dengan perbankan dan pelaku usaha yang sudah lebih dulu berjalan untuk melatih masyarakat agar memiliki jiwa kewirausahaan. 

"Untuk meningkatkan jiwa kewirausahaannya, kita bina masyarakat, kerjasama dengan BNI dan KADIN, kita inkubasi," pungkas Keri. ***

WJT / dms

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya