backgroud
logo

Trensosial

 

Puisi 'Seribu' Habibie untuk Ainun: Cinta Sampai Akhirat

Puisi 'Seribu' Habibie untuk Ainun: Cinta Sampai Akhirat

 
Puisi 'Seribu' Habibie untuk Ainun: Cinta Sampai Akhirat
Puisi 'Seribu' Habibie untuk Ainun: Cinta Sampai Akhirat. (WJtoday/Yoga Enggar)
WJtoday
Kamis, 12 September 2019 | 11:50 WIB
WJtoday, Bandung - Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Saling setia hingga salah satunya dipanggil sang kuasa, membuat masyarakat terharu. Kebersamaan selama 38 tahun bukanlah waktu yang singkat. Hanya Ainun yang ada di samping Habibie dalam menapaki jatuh bangun kehidupan.

Saat 1.000 hari kepergian Ainun, Habibie membuatkan puisi untuk mendiang istrinya:

Seribu

Sudah Seribu hari Ainun pindah ke dimensi dan keadaan berbeda. Lingkunganmu, kemampuanmu, dan kebutuhanmu pula berbeda. Karena cinta murni, suci, sejati, sempurna dan abadi tak berbeda. Kita tetap manunggal, menyatu dan tak berbeda sepanjang masa.

Ragamu di Taman Pahlawan bersama Pahlawan bangsa lainnya. Jiwa, roh, bathin dan nuranimu menyatu denganku. Di mana ada Ainun ada Habibie, di mana ada Habibie ada Ainun. Tetap manunggal dan menyatu tak terpisahkan lagi sepanjang masa.

"Titipan Allah bibit cinta Ilahi pada tiap insan kehidupan di mana pun. Sesuai keinginan, kemampuan, kekuatan dan kehendak-Mu Allah. Kami siram dengan kasih sayang, cinta, iman, taqwa dan budaya Kami, Yang murni, suci, sejati, sempurna dan abadi sepanjang masa.

Allah, lindungi kami dari godaan, gangguan mencemari cinta kami. Perekat kami menyatu, manunggal jiwa, roh, bathin dan nurani kami. Di mana pun, dalam keadaan apa pun kami tetap tak terpisahkan lagi.

Seribu hari, seribu tahun, seribu juta tahun ........... sampai akhirat !

Bacharuddin Jusuf Habibie
Jakarta, 15 Februari 2013.
 

Warganet Kenang Puisi Cinta Habibie untuk Ainun
Warganet ramai mencuitkan dukanya di lini massa. Nama Ainun Habibie menjadi salah satu topik terpopuler di Twitter karena kisah cintanya dengan Habibie.

Sebagian warganet pun mengenang kisah cinta dan puisi-puisi Habibie untuk Ainun.

Akun @bucinyeollie mengungkapkan betapa cinta Habibie kepada Ainun begitu kuatnya. "Find a man like Pak Habibie. The way he love Ibu Ainun is unbeatable, their love is so strong and thats what u called true love kiddos". tulisnya.

Akun lainnya, @ebibimbap, menuliskan selamat berpulang dan segera temui wanita yang paling dicinta Habibie. "its time to take a rest and meet with the most beauty women in your life, Ibu Ainun. fly high, Pak Habibie. Thanks for everything you make for Bangsa!#bjhabibie".

Sementara akun @farisandani menuliskan "Tidak akan bisa hilang dari ingatan ekspresi pada wajah Pak Habibie ketika bercerita tentang Ibu Ainun. Sungguh mengisyaratkan bahwa: “Saya sangat mencintai Ibu Ainun”."

Lainnya, akun @gabisagitu mengungkapkan kesedihannya "mo nangis tiap baca puisi pak habibie saat ibu ainun meninggal :") dan hari ini, pak habibie bisa bertemu ibu ainun lagi. Find a man that loves you like Habibie loves his wife, Ainun."

Jenazah Habibie akan dimakamkan tepat di samping makam sang istri, Hasri Ainun, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Keduanya akan kembali bersanding, 'tidur' berdekatan seperti sediakala.

Kisah cinta keduanya selama lebih dari 40 tahun menginspirasi banyak orang. Kisahnya bahkan diangkat ke layar lebar dengan judul Habibie & Ainun (2012).

Mengutip berbagai sumber, Habibie punya jadwal rutin mengunjungi makam sang istri. Sekali dalam sepekan, Habibie pasti 'menengok' sang istri dan berdoa di dekatnya. Bunga di makam sang istri pun selalu diperbaharui dua kali dalam sepekan. Tak heran jika selalu ada bunga segar di sana.

Kini, Habibie tak akan lagi mengunjungi makam Ainun. Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019). Setelah sembilan tahun terpisah, Habibie akan kembali 'bersua' dengan sang istri tercinta dalam keabadian. ***

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya