backgroud
logo

Buletin

 

Dibuka 25 Oktober, Formasi Terbanyak Penerimaan CPNS 2019 untuk Guru

Dibuka 25 Oktober, Formasi Terbanyak Penerimaan CPNS 2019 untuk Guru

 
Dibuka 25 Oktober, Formasi Terbanyak Penerimaan CPNS 2019 untuk Guru
Dibuka 25 Oktober, Formasi Terbanyak Penerimaan CPNS 2019 untuk Guru. (WJtoday/Yoga Enggar)
WJtoday
Rabu, 16 Oktober 2019 | 11:20 WIB
WJtoday, Bandung - Pemerintah kembali membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin mengatakan perekrutan CPNS akan dimulai 25 Oktober. 

"Mulai 25 Oktober. Sudah siap," kata Syafruddin di Istana Wakil Presiden,Selasa (15/10/2019).

Syafruddin tidak mau merinci terkait apa saja kementerian yang akan buka pendaftaran. Menurutnya, nomenklatur kementerian tersebut merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Itu kewenangan presiden," terangnya.

Untuk formasi penerimaan CPNS pada tahun ini, kata dia, ada sebanyak 100.000 formasi. Dari 100.000 formasi yang ada tersebut kebanyakan dari tenaga pendidikan dan kesehatan.

"Ya terutama guru, kesehatan," ungkapnya.

Dari keterangan resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kepala Biro Humas BKN M. Ridwan menyebutkan sekitar 140 ribu dari 197 ribu formasi akan disediakan untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

"Empat besar formasi itu terutama guru berjumlah 63 ribuan, kemudian tenaga kesehatan, bidan, dokter, dokter gigi, perawat itu 31 ribuan, kemudian tenaga teknis fungsional 23 ribuan, dan teknis lainnya 28 ribuan," paparnya.

Ridwan menjelaskan bahwa tidak semua instansi negara akan membuka formasi. Terdapat 541 instansi pusat maupun daerah yang mendapat jatah formasi tahun ini.

Ridwan berharap pengumuman CPNS dapat terlaksana setelah pelantikan presiden pada hari minggu mendatang. Pelantikan presiden pun ditunggu untuk mengantisipasi apabila ada kementerian yang bergabung.

"Panselnas itu harus menyesuaikan formasi yang sudah siap ini dengan struktur kabinet dengan kabinet yang baru. Jangan sampai kabinet A dan B digabung dan sebaliknya," jelasnya.

Tahapan Penerimaan
Bagi masyarakat yang ingin  menjadi PNS, dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Pertama, pelamar dapat mengakses portal SSCASN 2019 di alamat https://sscasn.bkn.go.id untuk melihat informasi penerimaan PPPK melalui portal SSCASN.

Kedua, pelamar perlu membuat akun dengan memilih menu 'PPPK' di portal SSCASN. Kemudian klik 'Registrasi'. Pelamar mengisi syarat-syarat seperti nomor peserta ujian, tanggal lahir, nomor induk kependudukan (NIK), dan kartu keluarga (KK), alamat email aktif, dan mengunggah foto.

Ketiga, pelamar melakukan pendaftaran (login) di portal SSCASN disertai kata kunci dan NIK.

Keempat, pelamar melengkapi data dengan mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun sebagai bukti telah membuat akun. Kemudian, memilih jabatan dan melengkapi biodata disertai keterangan pendidikan. Pelamar juga mengunggah dokumen yang diperlukan, memeriksa isian pada form resume, dan mencetak kartu pendaftaran.

Kelima, pihak BKN akan melakukan verifikasi berkas. Selanjutnya keenam, pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian untuk mengikuti seleksi sesuai ketentuan.

Ketujuh, panitia seleksi PPPK 2019 akan mengumumkan informasi status kelulusan pelamar, dan hasilnya terbuka untuk diakses. ***

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya