backgroud
logo

Buletin

 

Terbukti Palsukan Ijazah, Komedian Nurul Qomar Divonis 17 Bulan

Terbukti Palsukan Ijazah, Komedian Nurul Qomar Divonis 17 Bulan

 
Terbukti Palsukan Ijazah, Komedian Nurul Qomar Divonis 17 Bulan
Terbukti Palsukan Ijazah, Komedian Nurul Qomar Divonis 17 Bulan. (publica news)
WJtoday
Senin, 11 November 2019 | 16:58 WIB
WJtoday, Brebes - Pengadilan Negeri (PN) Brebes, Jawa Tengah, memvonis pelawak Nurul Qomar dengan hukuman 1 tahun 5 bulan (17 bulan). Pentolan grup lawak Empat Sekawan itu terbukti melakukan tindak pidana pemalsuan dokumen Surat Keterangan Lulus (SKL) program S2 dan S3.

"Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa satu tahun lima bulan penjara,” kata Ketua Majelis Hakim Sri Sulastuti saat membacakan vonis di PN Brebes, Senin (11/11/2019).

Atas putusan itu, mantan anggota DPR itu langsung menyatakan banding. 

"Saya menghormati, tapi tidak sependapat. Oleh karena itu kami akan naik banding. Selama proses itu saya tidak ditahan,” ujar Qomar menanggapi vonis.

Jaksa Penuntut Umum menyatakan pikir-pikir. Sebelumnya JPU meminta majelis hakim memvonis Qomar dengan hukuman 3 tahun penjara.

Qomar dinyatakan bersalah menggunakan SKL S2 dan S3 Universitas Negeri Jakarta yang dipalsukan untuk menjabat Rektor Universitas Muhadi Setyabudi (UMUS) Brebes. Ia sempat menduduki jabatan itu selama 10 bulan pada 2017 sebelum kampus melaporkannya ke polisi. 

Seperti diketahui, rangkaian sidang perkara itu berlangsung hampir 4 bulan sejak Juli 2019. Sebelumnya, oleh JPU, Bahtiar Ihsan Agung, Nugroho dan Ardiansyah, Qomar didakwa melakukan pemalsuan dokumen program S2 dan S3.

Dokumen tersebut diduga digunakan sebagai syarat menjadi rektor Universitas Muhadi Setyabudi (UMUS) Brebes tahun 2017. Saat itu, Qomar menjabat sebagai rektor UMUS selama 10 bulan.

Atas dugaan itu, Qomar dilaporkan ke kepolisian oleh pihak Yayasan UMUS dan JPU menuntutnya tiga tahun penjara. ***

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya