backgroud
logo

Persib

 

Persib Bandung vs Arema FC

Motivasi Tinggi Perpanjang Tren Kemenangan

Motivasi Tinggi Perpanjang Tren Kemenangan

 
Motivasi Tinggi Perpanjang Tren Kemenangan
Persib menjamu Arema FC pada laga tunda Pekan 21 Liga 1 2019, Selasa (12/11/2019).. (WJtoday/Yoga Enggar)
WJtoday
Selasa, 12 November 2019 | 05:02 WIB
WJtoday, Bandung – Tim Persib Bandung sedang dalam motivasi tinggi untuk melanjutkan tren kemenangan saat menghadapi laga tunda Pekan 21 Liga 1 2019, kontra Arema FC yang akan digelar di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (12/11/2019) sore.

Maung Bandung bertekad kembali meraih poin sempurna setelah sebelumnya meraih 3 kemenangan beruntut, yakni atas PSIS Semarang (2-1), Kalteng Putra (2-0), dan Perija Jakarta (2-1). Bahkan tercatat dalam 5 laga terakhir, Persib belum menelan kekalahan. Satu laga lagi yang berakhir dengan kemenangan Persib, yakni saat menjamu Persebaya Surabaya (4-1), sedangkan 1 laga berakhir imbang, yakni menghadapi Bhayangkara FC (0-0). 

Sayangnya pada laga yang dimulai pukul 15.30 WIB tersebut, Pelatih Persib Robert Rene Alberts tak bisa menurunkan setidaknya 7 pemain. Ada 5 pemain yang dipanggil timnas, yakni Febri Hariyadi, Ardi Idrus, Beckham Putra Nugraha, dan Gian Zola Nashrullah yang dipanggil timnas Indonesia, serta Ezechiel N’Douassel dipanggil timnas Chad. 

“Laga besar besok, ini laga yang ditunda dua kali dan akhirnya kami bisa bermain. Tapi kali ini kami harus tampil di kalender FIFA dan sangat menyulitkan karena ada 5 pemain yang harus dipanggil timnas,” ujar Robert dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Senin (11/11/2019).

Sebenarnya Robert senang melihat pemainnya masuk timnas, tapi waktunya tidak tepat karena klub juga harus bertanding di liga.

“Sayangnya waktunya tidak tepat untuk Persib, kalau saja kami bertanding melawan Arema sesuai dijadwal awal, komposisi tim akan berbeda dan kami tidak harus bermain dengan banyak pemain yang ke timnas, tidak ada yang cedera juga,” ujar Robert.

Dua pemain memang juga dipastikan absen, yakni Esteban Vizcarra yang tak bisa bermain karena hukuman akumulasi kartu kuning, dan Kevin van Kippersluis mengalami cedera paha. “Kevin, ia sampai pagi tadi belum bergabung latihan jadi kami tidak bisa mengambil iesiko. Dia tidak akan bermain besok,” lanjutnya.

Kendati demikian, Robert tetap menjanjikan timnya bakal tampil impresif untuk meraih kemenangan. Pada laga kali ini, Robert akan memainkan skema yang berbeda, yakni tanpa menurunkan striker murni, setelah duet Eze dan Kevin dipastikan absen.

“Jadi kami akan memainkan komposisi yang berbeda besok, tidak seperti biasanya karena faktor kami tidak punya striker. Tapi saya melihat pemain di latihan, antusiasme mereka, dengan line up baru mereka terlihat positif dan sangat antusias,” terang Robert.

Pelatih asal Belanda ini menegaskan, timnya tidak mau mengecewakan bobotoh yang dipastikan memenuhi Stadion si Jalak Harupat. Karena itu, Maung Bandung harus tetap bermain maksimal untuk meraih 3 poin, meski komposisi pemainnya tidak lengkap.

“Katanya laga ini juga akan dipenuhi suporter. Viking, Bobotoh akan hadir mendukung dengan fantastis meskipun di tengah pekan dan orang-orang normalnya bekerja tapi tiket sold out,” ucap Robert.

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts menjanjikan permainan impresif kendati Persib tak bisa memainkan 7 pemainnya saat menjamu Arema FC di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (12/11/2019) sore ini. (foto: persib,co.id)
 
Robert sendiri menilai, Persib dan Arema memiliki kekuatan seimbang yang membuat laga bakal berjalan sengit. Menurutnya, hanya tim yang punya tekad kuat yang akan tampil sebagai pemenang. Dan Robert menyakinkan bahwa pasukannya punya modal untuk tampil dengan karakter dan determinasi tinggi untuk menekuk lawannya kali ini.

“Tim yang punya hasrat paling besar besok, itu yang akan memenangkan pertandingan. Saya yakin pemain kami punya hasrat besar ketika mereka masuk ke lapangan dengan menunjukan sikap, karakter dan dedikasi untuk memenangi laga ini,” tandasnya.

Soal calon lawan, Robert menilai kekuatan Arema ada pada gelandang Makan Konate. Pemain asing asal Mali itu sudah mencetak 15 gol dan 9 assist. “Konate menurut saya bukan gelandang di dalam tim, dia lebih seperti seorang second striker dan di beberapa laga juga dia lebih berperan sebagai pemain depan,” katanya.

Menurutnya, mantan pemain Persib tersebut patut diwaspadai. Selain memiliki kemampuan individu, dia juga jadi pemain yang mengutamakan permainan tim. “Dia adalah pemain level atas di liga, dia pemain yang fantastis, sangat mobile, dan benar-benar seorang team player, bekerja untuk tim. Selalu berusaha terlibat dalam permainan dan tidak pernah mendapatkan kartu yang tak penting. Dia level top yang profesional,” lanjut Robert.

“Tentu Konate pemain yang kami perhatikan dan memastikan tidak mendapat ruang yang dia sukai. Jadi kami sudah paham bagaimana menghentikan dia sebagai top skorer Arema saat ini dan menjadi otak serangan tim,” tutup Robert.

Pelatih Arema FC Milomir Seslija memprediksi laga kontra Persib Bandung di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Selasa (12/11/2019) sore ini bakal berlangsung sengit. (foto:persib.co.id)

Laga Bakal Berlangsung Sengit
Sementara itu dari kubu tim tamu, Coach Milomir Seslija memprediksi laga tandang kali ini bakal berlangsung sengit. Pelatih asal Bosnia ini pun sangat antusias menyambut laga kali ini. Dia memperkirakan pertandingan akan berlangsung seru dan menarik untuk ditonton. Karena menurutnya, Maung Bandung yang saat ini dalam tren positif, bakal bernafsu untuk meraih kemenangan kembali di kandang nya. Demikian pula dengan timnya, yang akan mencoba mencuri poin di Bandung.

"Saya bisa bilang, ini adalah pertandingan derbi. Saya memiliki ekspektasi ini akan jadi game yang bagus, Persib saat ini bermain bagus, dan ini akan jadi laga menarik," kata Milo dalam sesi konferensi pers jelang laga di Graha Persib, Jalan Sulanjana Kota Bandung, Senin (11/11/2019).

Milo mengakui, kedua tim mempunyai masalah yang sama. Jika Maung Bandung kehilangan 7 pemainnya, Arema pun tak jauh berbeda. Milo tak bisa memainkan 5 pilarnya, yakni Hendro Siswanto, Dendi Santoso, Dedik Setiawan, dan M Rafli yang dipanggil timna, serta Hamka Hamzah yang mengalami cedera.

“Untuk pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia mereka selalu bermain dengan hati seperti Dendi, Febri (Persib), Hanif, Hendro, Rafli, mereka semua adalah pemain yang bagus. Sayang mereka tidak bisa bermain,” sesalnya.

Namun Milo menyakini situasi tersebut tidak akan mengurangi tensi pertandingan dan mengubah keseruan di lapangan. Pasalnya, di kedua kubu masih banyak pemain pengganti yang akan tampil sama baiknya dengan pemain inti. 

"Kedua tim sama-sama memiliki problem dengan pemain (banyak absen). Tapi kami tidak khawatir. Kami punya pemain muda lain yang diberi kesempatan. Mereka hanya butuh fokus dan konsentrasi, dan bermain bagus," ucapnya.

“Inilah cara Arema bermain, kita fokus dengan tim dan tidak ada yang bisa menghentikan kita, ini memang tidak akan mudah tapi kita akan memperlihatkan yang terbaik dan jadi game yang bagus,” bebernya. 

Milo pun mencoba tak terpengaruh dengan tekanan bobotoh yang akan dihadapi nanti di Stadion si Jalak Harupat. Menurut Milo, pemainnya akan fokus menjalani pertandingan begitu masuk lapangan hijau, tetap konsentrasi dan tak peduli tekanan apapun dari suporter tuan rumah. 

“Ketika saya masuk ke lapangan, selama 90 menit saya tidak pernah mendengar atau melihat apa yang suporter lakukan, kata-kata yang bagus atau yang buruk. Saya melihat pemain dari kedua kubu. Saya pikir Arema dan Persib selalu bermain dengan baik di kandang atau tandang,” paparnya.

Rekor Buruk Arema di Kandang Maung
Sementara itu, dari catatan statistik, kubu tim tamu memang berada di atas Persib di klasemen sementara. Arema berada di posisi 5 dengan 41 poin, sedangkan Persib menempati peringkat 8 dengan 37 poin. Pada pertemuan pertama di Malang, Singo Edan pun menang besar dengan mengalahkan Maung Bandung 5-1.

Namun, meski kalah secara peringkat, Maung Bandung tidak bisa diremehkan begitu saja. Pasalnya, Persib dalam tren positif setelah tidak terkalahkan dalam 5 laga terakhirnya, bahkan 3 laga terakhir disapu bersih oleh Supardi Nasir dan kawan-kawan. Di lain pihak, Arema kurang konsisten pada 5 laga terakhirnya. Singo Edan hanya menang 2 kali, imbang 2 kali, dan 1 kali kalah.

Rekor Arema di kandang Persib pun tidak begitu baik. Dari 5 kali lawatannya ke Bandung pada laga resmi, Arema tidak pernah sekalipun menang sejak 2014 lalu. Di kandang Maung, Arema 2 kali dipecundangi Persib, yakni musim 2014 (3-2) dan 2018 (2-0). Sedangkan 3 laga sisanya berakhir imbang, yakni pada musim 2016 (0-0), 2017 (0-0), dan Piala Indonesia 2019 (1-1). 

Namun Milo tidak mau menganggap statistik itu sebagai patokan untuk pertandingan nanti. Pertandingan yang sudah berlalu, menurutnya, hanya bagian dari sejarah karena laga di depan adalah lembaran baru yang mesti diselesaikan sebaik mungkin.

“Kita tidak bisa melihat hanya sepanjang tahun ini, bukan soal punya rekor yang bagus atau buruk, karena ini jadi musim yang berat bukan cuma buat kami tapi untuk Persib,” kata Milo.

“Jika 5 pertandingan terakhir berjalan baik, bukan berarti sebelumnya bagus juga. Ini sepak bola dan setiap pertandingan berbeda. Semua mungkin bisa lupa dengan hasil pertandingan, tapi semua ingat dengan piala (juara),” tandasnya.

Hasil gambar untuk arema fc vs persib 30 juli 2019
Bek Persib Bandung Achmad Jufriyanto menahan laju striker Arema FC Sylvano Comvalius pada laga Putaran 1 Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, 30 Juli 2019. Pada pertemuan pertama ini, Maung Bandung kalah telak 5-1 dari tuan rumah. (foto: liga-indonesia.id)

Head to Head
30 Juli 2019         Liga 1 2019         Arema FC 5-1 Persib Bandung
22 Februari 2019        Piala Indonesia Arema FC 2-2 Persib Bandung
18 Februari 2019        Piala Indonesia          Persib Bandung 1-1 Arema FC
13 September 2018    Liga 1 2018                  Persib Bandung 2-0 Arema FC
15 April 2018              Liga 1 2018                  Arema FC 2-2 Persib Bandung
18 Maret 2018            Uji Tanding                 Persib Bandung 2-1 Arema FC
12 Agustus 2017        Liga 1 2017                  Arema FC 0-0 Persib Bandung
15 April 2017              Liga 1 2017                  Persib Bandung 0-0 Arema FC
19 Desember 2016      TSC 2016                      Arema Cronus 0-0 Persib Bandung
27 Agustus 2016        TSC 2016                      Persib Bandung 0-0 Arema Cronus
3 April 2016                Bhayangkara Cup      Arema Cronus 2-0 Persib Bandung
23 Februari 2016        Bali Island Cup           Persib Bandung 0-1 Arema Cronus
11 Agustus 2015        HUT ke-28 Arema      Arema Cronus 1-0 Persib Bandung
1 Februari 2015          Final IIC 2014              Arema Cronus 2-1 Persib Bandung
4 November 2014     Semifinal ISL 2014        Persib Bandung 3-1 Arema Cronus
25 Mei 2014                ISL 2014                      Arema Cronus 2-2 Persib Bandung
13 April 2014              ISL 2014                        Persib Bandung 3-2 Arema Cronus

5 Laga Terakhir Persib Bandung
6 November 2019 Persib Bandung 2-1 PSIS Semarang
1 November 2019 Kalteng Putra 0-2 Persib Bandung
28 Oktober 2019 Persib Bandung 2-0 Persija Jakarta
23 Oktober 2019       Bhayangkara FC 0-0 Persib Bandung
18 Oktober 2019         Persib Bandung 4-1 Persebaya Surabaya

5 Laga Terakhir Arema FC
8 November 2019 Arema FC 2-0 Madura United
1 November 2019 Perseru Badak Lampung 4-3 Arema FC
28 Oktober 2019 Arema FC 1-0 Semen Padang
24 Oktober 2019 PS Tira Persikabo 1-1 Arema FC
20 Oktober 2019 Persipura Jayapura 2-2 Arema FC

Klasemen
                M M S K Gm-Gk P
5. Arema FC         26 12 5 9 52-42 41    
8. Persib Bandung 26 9 10 7 34-32 37

Perkiraan Susunan Pemain
Persib Bandung
I Made Wirawan; Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipper, Zalnando; Omid Nazari, Abdul Azis, Dedi Kusnandar, Erwin Ramdani, Ghozali Siregar; Frets Butuan,
Pelatih: Robert Rene Alberts
Arema FC
Kurniawan Kartika Aji; Alfin Tuasalamony, Arthur Cunha, Ricky Akbar Ohoarella, Johan Alfarizi; Ridwam Tawainela, Jayus Hariono, Makan Konate, Ricky Kayame; Ahmad Nur Hardianto, Sylvano Comvalius
Pelatih: Milomir Seslija. ***

WJT / dms

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya