backgroud
logo

Buletin

 

Status Masih Waspada, Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi

Status Masih Waspada, Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi

 
Status Masih Waspada, Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi
Status Masih Waspada, Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi. (antara)
WJtoday
Rabu, 13 November 2019 | 21:53 WIB
WJtoday, Bandung - Gunung Anak Krakatau  yang berada di Selat Sunda kembali mengalami erupsi pada pukul 16.50 WIB, Rabu (13/11/2019). Berdasarkan data dari Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau, ketinggian kolom abu mencapai sekitar 50 meter di atas puncak.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 41 mm dan durasi 82 detik.

“Visual cctv kawah teramati letusan warna asap putih-hitam tebal tinggi lebih kurangk 200 m dari dasar kawah. Tidak terdengar suara dentuman,” tulis Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologoli (PVMBG) dalam laman resmi Badan Geologi Kementerian ESDM.

Disebutkan tak terdengar suara dentuman dari pos pengamatan Gunung Anak Krakatau tersebut.

Sebelum diputuskan berstatus waspda sejak 23 Maret 2019, Gunung Anak Krakatau sempat berstatus Level III (siaga) selama tiga bulan ke belakang.

Penetapan siaga itu terjadi pada 27 Desember 2018 setelah erupsi Gunung Anak Krakatau pada 22 Desember 2018 memicu tsunami ke kawasan Banten dan Lampung.

Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada Status Level II (Waspada). PVMBG merekomendasikan masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah. ***

WJT / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya