backgroud
logo

Kabar DPRD Jabar

 

Raden Tedi: Fungsi Anggota Dewan adalah Perjuangkan Hak Masyarakat

Raden Tedi: Fungsi Anggota Dewan adalah Perjuangkan Hak Masyarakat

 
Raden Tedi: Fungsi Anggota Dewan adalah Perjuangkan Hak Masyarakat
Raden Tedi: Fungsi Anggota Dewan Adalah Perjuangkan Hak Masyarakat. (istimewa/dok pribadi)
yuga m hassani
Sabtu, 30 November 2019 | 22:18 WIB
WJtoday, Bandung - DPRD Jabar memiliki fungsi untuk memperjuangkan hak hak masyarakat.

Karena itu, DPRD Jabar harus memiliki hubungan yang baik bersama Pemprov Jabar. Sehingga jika ada aspirasi dari masyarakat bisa langsung disampaikan dan dikomunikasikan bersama pemerintah terkait.

Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Raden Tedi mengatakan, fungsi legislator ialah memberikan persetujuan anggaran. Maka sebagai anggota Dewan akan memastikan bahwa anggaran yang akan ditetapkan didapat melalui proses aspiratif dan partisipatif masyarakat. Selain itu, program yang diajukan dalam penganggaran tersebut merupakan merupakan representasi dari kebutuhan masyarakat. 

"Dalam   fungsi   pengawasan, maka   saya   sebagai   anggota   DPRD   akan   tetap berkoordinasi dengan  eksekutif dalam  menyetujui anggaran yang betul-betul berdasar aspirasi dan kepentingan   masyarakat," ujar Raden Tedi saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Sabtu (30/11/2019).

Tedi menambahkan, Pemprov atau pemerintah daerah lainnya dipastikan harus efisien dan tidak boros yang hanya mengejar target kepentingan politik. Selain itu, juga akan memberikan pertimbangan-pertimbangan tentang  program-program lain yang dibutuhkan masyarakat.

"Saya pun sebagai anggota akan tetap mengawal dan mengawasi setiap aturan-aturan yang telah disetujui oleh Dewan dapat dijalankan dengan baik. Berikutnya program yang sudah dilaksanakan dapat dievalusi tentang keberhasilan pelaksanaaanya. Dari hasil evaluasi tersebut dapat diketahui kelebihan dan kekuarangan program  tersebut, sehingga dapat menjadi rujukan untuk keberhasilan program selanjutnya," paparnya.

Menurutnya, latar belakang masyarakat berbeda-beda, dengan pendidikan berbeda, kondisi ekonomi berbeda, daerah pemilihan yang cukup luas dengan sebaran yang tidak merata, dan pengetahuan tentang berdemokrasi yang berbeda pula. Untuk itu, diperlukan kerja keras yang serius untuk meyakinkan masyarakat bahwa mereka memiliki wakil di DPRD yang bisa memperjuangkan kepentingan mereka.

"Untuk meyakinkannya adalah dengan diberikan informasi dan pemahaman pada masyarakat tentang fungsi anggota DPRD,” ujar Tedi.

Stigma yang “kurang baik” tentang  anggota DPRD karena penyalahgunaan wewenang segelintir oknum juga merupakan tugas sangat berat. Diperlukan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak untuk meyakinkan bahwa DPRD masih bisa diandalkan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat.

Saat mendapat informasi yang benar, ia mengharapkan masyarakat dapat mengoptimalkan  fungsi anggota Dewan tersebut untuk kepentingan masyarakat sendiri. 

“Selama info tentang fungsi anggota DPRD tidak mereka pahami, maka secara otomatis masyarakat tidak dapat merasakan keberadaan anggota DPRD," pungkasnya.  ***

ymh / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya