backgroud
logo

Inspirasi

 

Komunikasi Dua Arah Masyarakat-Pemerintah Melalui Aplikasi Sapawarga

Komunikasi Dua Arah Masyarakat-Pemerintah Melalui Aplikasi Sapawarga

 
Komunikasi Dua Arah Masyarakat-Pemerintah Melalui Aplikasi Sapawarga
Ridwan Kamil: Komunikasi Dua Arah Masyarakat-Pemerintah Melalui Aplikasi Sapawarga. (dok humas Jabar)
yuga m hassani
Sabtu, 7 Desember 2019 | 12:05 WIB
WJtoday, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menilai Aplikasi super sapawarga yang di buat oleh Pemprov Jabar merupakan salah satu upaya mensosialisasikan program-program pembangunan. 

Termasuk juga melakukan survei real time terkait kebijakan publik, memviralkan konten positif, atau mengklarifikasi dengan cepat berita hoaks langsung kepada pemimpin masyarakat di level Rukun Warga (RW).

"Selain itu ini juga merupakan komunikasi dua arah antara masyarakat dan pejabatnya. Jika ada permintaan masyarakat kepada Pemprov Jabar bisa disampaikan secara langsung, begitu pun sebaliknya," papar Emil.

Emil pun menjamin jika ada usulan dari masyarakat pasti akan langsung dieksekusi oleh Pemprov Jabar. Namun masalah besaran anggaran, waktu dan pelaksanaannya pasti butuh proses.

"Sebanyak 53,416 Ketua RW dan 5,312 Desa akan mendapatkan Smartphone yang di dalamnya ada super-apps Sapawarga. Smartphone ini akan digunakan untuk pelayanan digital ketua RW kepada warganya," ungkap Emil.

Selain itu, Emil menyebutkan, Aplikasi Sapawarga juga digunakan oleh para ketua RW untuk menyalurkan aspirasi pembangunan dan keluhan kepada Pemprov dan Gubernur Jabar secara langsung.

"Sekarang kami akan memulai transformasi digital secara massif. Para ketua RW pengguna awal Sapawarga akan menjadi agen-agen perubahan untuk Jawa Barat yang lebih digital," ujarnya.

Menurutnya, masyarakat bisa lebih dekat dengan pemerintah daerahnya. Karena masyarakat bisa dengan leluasa menyampaikan usulan, mengumpulkan survei data, mendapatkan akses berita dan program dari pemerintah, mudah membayar pajak dan mengakses layanan lainnya. ***

ymh / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya