backgroud
logo

Buletin

 

Program Smart City Akan Hadir di Salah Satu Kota di Jabar

Program Smart City Akan Hadir di Salah Satu Kota di Jabar

 
Program Smart City Akan Hadir di Salah Satu Kota di Jabar
Program Smart City Akan Hadir di Salah Satu Kota di Jabar. (pam/WJtoday)
yuga m hassani
Sabtu, 7 Desember 2019 | 12:39 WIB
WJtoday, Bandung - Pemprov Jabar akan mendapatkan investasi besar dari Vice President Architectures Asia Pacific, Japan & China Cisco.

Cisco menyatakan akan memberikan hibah sebesar US$3 juta atau setara Rp42,5 miliar kepada Pemprov Jabar untuk program smart city dalam bentuk barang dan asistensi teknologi. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, investasi tersebut akan ditawarkan kepada wali kota yang ada di Jabar. Berguna untuk mengintregrasikan suatu urusan menjadi dalam satu platform keputusan.

"Saya mengusulkan untuk skala Kota yang lebih kecil dahulu, dengan pilihan Kota Cirebon dan Cimahi," kata Emil saat ditemui di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jumat (6/12/2019)

Menurut Emil, hal tersebut berbeda dengan aplikasi qlue. Jika qlue lebih kepada pelaporan sistem pelayanan publik, sedangkan yang diusulkan Pemprov adalah untuk memantau lighthing, CCTV, laporan warga, ada banjir, titik dan respon nya bagaimana, yang nantinya dalam satu kesatuan keputusan.

"Dalam hal ini masih dalam rangka psnjajakan, intinya semua yang sifatnya memperbaiki, mempercepat pelayanan publik selama itu digital masuk ke dalam visi misi saya," tegasnya.

Emil pernah mengungkapkan beberapa waktu lalu keinginan mentransformasi Jabar menjadi digital province. Selain itu, dia juga mengatakan, Pemprov Jabar saat ini menerapkan Government 3.0 atau birokrasi dinamis. Tujuannya supaya pembangunan dapat berjalan dengan cepat.

"Selama ini di Indonesia masih menerapkan birokrasi 2.0 yang mengutamakan reward and punishment, saya kira itu tak cocok di era digital sekarang," kata Emil.

Selain Birokrasi Dinamis, Pemprov Jabar mempraktikkan konsep Penthahelix dalam menjalankan roda pemerintahannya. Maksud dari Penthahelix adalah menggandeng lima unsur, yaitu ABCGM (Akademisi, Bisnis, Community, Government, dan Media), dalam pembangunan. ***

ymh / pam

Tidak Ada Komentar.


 

Berita Lainnya